Gadget

Samsung A73 Review: Spesifikasi, Harga Terbaru & Kelebihannya

Samsung A73 telah dipasarkan Samsung di Indonesia sejak April, meneruskan seri terdahulu, yakni Samsung A72. Salah satu sektor yang mendapatkan peningkatan adalah kamera belakangnya, sudah yang menggunakan kamera resolusi 108MP.

Kalau belum tahu, ini  adalah pertama kali, di mana kamera 108MP hadir di ponsel Samsung kelas menengah. Padahal, biasanya Samsung menyematkan kamera dengan resolusi seperti ini di seri yang lebih mahal, tepatnya seri flagship (Seri S).

Selain resolusi kamera utama yang tinggi, tentu masih banyak keunggulan lain yang ditawarkan oleh ponsel ini. Kalau kamu sedang ingin improve ponsel Samsung lama, bisa mempertimbangkan untuk membeli ponsel satu ini.

Namun, sebelumnya pastikan untuk tahu seluk beluk dari ponsel ini, terutama spesifikasi dan fitur yang diusungnya. Pastikan juga untuk tahu harganya, agar kamu bisa menyiapkan dananya dari awal, terutama kalau ingin beli money.

1. Paket Pembelian

Pertama, kita akan membahas apa saja yang akan kamu dapatkan ketika membeli smartphone ini. Sama seperti pendahulunya, kemasan A73 ini sama dengan A72, yang mana didominasi oleh warna putih. Ada juga foto produk, yang menampilkan layar dan punggung dari ponsel pintar ini.

Ketika dus dibuka, isinya cukup minimalis, kamu hanya akan mendapatkan beberapa hal di bawah ini :

  • 1 unit ponsel
  • Kabel USB Kind-C
  • SIM Card Ejector Software
  • Kartu Garansi
  • Buku Panduan

2. Tidak Ada Adapter Charger

Sangat disayangkan, Samsung tidak lagi menyertakan adapter charger di paket pembelian Samsung A73. Tidak tahu kenapa, Samsung memang mulai menghilangkan aksesori ini, misalnya pada Galaxy A33 5G dan Galaxy A53 5G.

Padahal, pendahulunya, yakini A72, masih dilengkapi dengan adapter charger, dengan fitur quick charging 25W. Kalau kamu sebelumnya telah membeli Samsung A72, maka bisa memanfaatkan charger tersebut ke seri terbaru ini.

Kalau tidak, kamu bisa membeli adapter sendiri secara terpisah. Adapter dengan fitur Tremendous Quick Charger 25W dibanderol sekitar Rp299.000. Mau tidak mau, kalau tidak memiliki adapter charger orisinal Samsung sebelumnya, memang disarankan untuk beli.

3. Bodi Tipis, Refresh Price 120 Hz

Samsung A73 hadir dengan bodi yang tipis, ringan dan tentunya terasa pas di genggaman. Ponsel pintar ini memiliki ketebalan 7,6 mm, serta bobot 181 gram. Pastinya, ponsel ini terlihat ramping, dan tidak berat untuk beraktivitas di luar ruangan.

Layarnya memiliki desain Infinity-O, ada punch gap, tempat untuk kamera depan. Layar sudah menggunakan panel Tremendous AMOLED seluas 6,7 inci. Layarnya memiliki resolusi yang sangat baik, yaitu Full HD+ dengan tingkat kecerahan maksimal sampai 800 nits.

Samsung A73 juga memiliki layar dengan refresh price yang baik, yaitu 120 Hz. Tak pelak, aktivitas seperti geser layar, navigasi menu, pindah antar aplikasi, tonton video/movie akan berjalan dengan clean dan bebas dari lag.

Berkat layarnya yang sudah menggunakan panel Tremendous AMOLED, A73 sudah help fitur biometrik terbaru. Ponsel ini juga sudah didukung pemindai sidik jari yang terletak pada bawah layar (in-display fingerprint scanner) agar mudah membuka kunci layar.

4. Desain dan Pelindung Layar

Bagian depan Samsung A73 5G dibekali dengan pelindung layar Gorilla Glass 5, lebih tahan terhadap goresan dibandingkan versi sebelumnya. Di layar bagian atas ada punch gap, yang digunakan untuk meletakkan kamera depan.

Beralih ke bagian belakang, ponsel ini memiliki bodi yang terbuat dari plastik, dengan ending matte. Karena itu, punggung ponsel ini tidak memberikan efek seperti kaca. Akan terasa cukup licin ketika diusap, pertimbangkan untuk beli tender case atau arduous case untuk keamanan.

Bagian belakang ponsel ini mirip seperti A72, terutama modul kameranya, yang berbentuk persegi panjang. Ada empat kamera di dalamnya, yang disusun secara vertikal. Ada pula LED Flash, bisa diaktifkan untuk mengambil foto di malam hari.

5. Kamera

Jika membahas kelebihan dan kekurangan Samsung A73 5G, pasti sektor kamera adalah salah satu kelebihannya. Tidak berlebihan memang, karena ponsel pintar ini memang dibekali dengan spesifikasi kamera yang bagus, terutama kamera belakang.

Kamera ponsel ini naik kelas dibandingkan versi sebelumnya, karena sudah dibekali dengan kamera utama 108MP (f/1.8), awalnya hanya 64MP di Galaxy A72. Menariknya, ini adalah pertama kali Samsung menyematkan kamera utama 108MP di seri Galaxy A.

Selain resolusinya yang tinggi, ada fitur unggulan yang disematkan kepadanya, contohnya OIS (Optical Picture Stabilization) dan VIDS (Video Digital Picture Stabilization). Dengan dua fitur ini saja, kamu bisa take foto dan video berkualitas tajam tanpa goyang.

Selain kamera resolusi 108MP, masih ada tiga kamera pendukung lainnya, yaitu 12MP (ultrawide), 5MP (depth sensor) dan 5MP (kamera makro). Adapun, kamera depan ponsel ini adalah 32MP (f/2.2), yang ketika digunakan, bisa menghasilkan foto yang tajam dan jernih.

6. Performa

Sekarang kita akan membahas performa dari Samsung Galayx A73, yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 778G 5G. Ada kombinasi RAM 8GB dan ROM 265GB, untuk memastikan multitasking lancar, dan penyimpanan tremendous lega.

Kemudian ada fitur, yang memungkinkan pengguna bisa memperluas kapasitas RAM sampai 16GB. Pastinya, dengan chipset 5G serta memori yang besar, Galaxy A73 bisa mengeluarkan performa terbaik, untuk berbagai aktivitas.

Misal, kamu bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus, lalu pindah antar aplikasi dengan cepat dan lancar. Lalu, bagaimana performa ponsel ini untuk melakukan aktivitas yang lebih berat, seperti bermain sport misalnya?

Tentunya, untuk bermain sport, terutama sport yang berat, ponsel ini tidak menemukan masalah sama sekali. Kamu bisa memainkan sport seperti PUBG, Genshin Affect, COD Cellular dan semacamnya dengan lancar, meski di setelah grafis yang tinggi.

Berikut ini adalah skor uji benchmark untuk mencari tahu kemampuan {hardware} Galaxy A73 :

  • PC Mark (15.119 untuk mode Storage 2.0) dan (11.773 untuk mode Work 3.0).
  • Geekbench 5 (743 poin untuk pengujian CPU single-core dan 2.566 poin untuk pengujian multi-core).
  • AnTuTu (483.475 poin).

Harga Samsung A73 Terbaru 2024

Varian Harga
8/256GB Rp7.799.000

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A73

Sekarang kita akan membahas kelebihan dan kekurangan Galaxy A73. Tentunya, ponsel pintar ini telah dilengkapi dengan berbagai kelebihan, yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Namun, ponsel ini juga memiliki kekuragan, meski tidak very important.

1. Kelebihan

  • Web tremendous kencang bebas buffering berkat konektivitas 5G Hyperfast.
  • Memori lega, bisa simpan file lebih banyak, apalagi ada slot untuk microSD.
  • Pengalaman visible terbaik berkat layar Tremendous AMOLED, resolusi Full HD+ dan kecerahan 800 nits.
  • Kamera sempurna (quad digital camera), dengan kamera utama 108MP.
  • Chipset powerfull, RAM bisa diperluas sampai 16GB.
  • Desain elegan di kelasnya, ramping dan ringan.
  • Baterai awet 5.000mAh.
  • Hasil rekaman terbaik berkat fitur OIS, VDIS dan Enhanced HDR.
  • Sertifikasi anti air.

2. Kekurangan

  • Tidak ada adapter.
  • Tidak ada port Audio Jack 3.5mm.

Samsung A73 memiliki sektor unggulan di kamera utama, yaitu kamera resolusi 108MP, dengan fitur OIS dan VDIS. Ponsel ini bisa menjadi opsi jika kamu sedang mencari ponsel Samsung terbaik di kelas menengah, dengan vary harga 7 jutaan.

Baca Juga:

Back to top button