Syarat dan Cara Mendapatkan KLJ 2024

Syarat dan Cara Mendapatkan KLJ 2024

Syarat dan Cara Mendapatkan KLJ 2024

Kartu Lansia Jakarta (KLJ) adalah program bantuan sosial yang dirancang oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan perlindungan dan dukungan finansial kepada warga lanjut usia (lansia) yang kurang mampu. Melalui KLJ, para lansia menerima bantuan tunai secara berkala yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari mereka, seperti makanan, obat-obatan, dan kebutuhan lainnya.

Program ini juga mencakup layanan kesehatan dan berbagai bentuk dukungan sosial untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia di Jakarta. Dengan adanya KLJ, diharapkan para lansia dapat menjalani kehidupan dengan lebih layak dan bermartabat. Program ini merupakan wujud nyata komitmen pemerintah dalam memberikan perhatian khusus kepada kelompok rentan di masyarakat.


Cara Mendapatkan Kartu Lansia Jakarta

Proses untuk mendapatkan Kartu Lansia Jakarta meliputi beberapa langkah berikut:

  1. Memenuhi Syarat sebagai Penerima KLJ

    Langkah pertama adalah memastikan bahwa Anda memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah Jakarta untuk penerima Kartu Lansia Jakarta. Persyaratan ini meliputi status kewarganegaraan, usia, serta kriteria ekonomi dan sosial yang ditentukan.

  2. Pendaftaran di Kelurahan atau Kecamatan Setempat

    Setelah memastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan, Anda harus mendaftarkan diri di kantor kelurahan atau kecamatan terdekat. Bawa dokumen-dokumen identitas yang diperlukan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), untuk proses pendaftaran.

  3. Verifikasi dan Validasi Data

    Setelah pendaftaran, petugas di kelurahan atau kecamatan akan melakukan verifikasi dan validasi terhadap data yang Anda ajukan. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa data yang diberikan akurat dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku.


  4. Penginputan Data ke DTKS

    Jika data Anda lolos proses verifikasi, informasi Anda akan dimasukkan ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). DTKS adalah basis data yang digunakan pemerintah untuk mengelola dan menyalurkan bantuan sosial kepada yang berhak menerimanya.

  5. Penerbitan dan Distribusi Kartu Lansia Jakarta

    Setelah proses verifikasi dan penginputan data selesai, Anda akan menunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Sosial terkait penerbitan dan distribusi Kartu Lansia Jakarta. Kartu akan diterbitkan dan didistribusikan kepada penerima yang telah memenuhi semua persyaratan dan lolos verifikasi data.

Syarat Penerima Kartu Lansia Jakarta (KLJ)

Untuk menjadi penerima Kartu Lansia Jakarta (KLJ), ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:


  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan Tinggal di DKI Jakarta

    Persyaratan pertama yang harus dipenuhi adalah bahwa calon penerima KLJ harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan secara resmi tinggal di wilayah administratif DKI Jakarta. Hal ini memastikan bahwa bantuan yang diberikan tepat sasaran dan bermanfaat bagi warga yang berdomisili di Jakarta.

  2. Berusia 60 Tahun atau Lebih

    Calon penerima KLJ harus berusia 60 tahun atau lebih pada saat pendaftaran. Batasan usia ini ditetapkan untuk memastikan bahwa bantuan sosial ini diberikan kepada mereka yang sudah lanjut usia dan kemungkinan besar memerlukan bantuan lebih banyak dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

    Calon penerima juga harus terdaftar secara resmi dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). DTKS digunakan sebagai basis data oleh pemerintah untuk memverifikasi status sosial ekonomi calon penerima, sehingga bantuan dapat diberikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan.

  4. Tidak Memiliki Penghasilan Tetap atau Termasuk dalam Kategori Keluarga Miskin

    Salah satu syarat utama untuk menerima KLJ adalah calon penerima tidak memiliki penghasilan tetap atau secara resmi termasuk dalam kategori keluarga miskin yang ditetapkan oleh pemerintah. Ini untuk memastikan bahwa KLJ benar-benar diberikan kepada warga lansia yang berada dalam kondisi ekonomi yang kurang mampu.

  5. Tidak Menerima Bantuan Sosial Serupa dari Program Pemerintah Lain

    Calon penerima KLJ tidak boleh menerima bantuan sosial serupa dari program pemerintah lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari tumpang tindih bantuan dan memastikan distribusi bantuan sosial yang adil dan tepat sasaran kepada warga yang paling membutuhkan.


Cara Daftar Bansos KLJ

Untuk mendaftar sebagai penerima bantuan sosial Kartu Lansia Jakarta (KLJ), ikuti langkah-langkah berikut yang dapat diakses melalui proses online yang telah disediakan:

  1. Klik laman https://cekbansos.kemensos.go.id

    Langkah pertama dalam proses pendaftaran adalah mengakses laman resmi yang telah ditunjuk untuk pendaftaran, yaitu https://cekbansos.kemensos.go.id. Di laman ini, carilah opsi “Menu Registrasi” yang tersedia untuk memulai proses pendaftaran.

  2. Tekan opsi “Menu Registrasi”

    Setelah menemukan opsi “Menu Registrasi”, klik opsi tersebut untuk memulai pengisian formulir pendaftaran. Pastikan untuk mengisi semua informasi yang diminta dengan akurat dan lengkap sesuai petunjuk yang diberikan.

  3. Isi semua arahan yang diminta

    Setelah formulir pendaftaran terisi dengan benar, langkah selanjutnya adalah login ke opsi “Daftar Usulan”. Di sini, pengguna akan diminta untuk mendaftarkan diri ke dalam Daftar Penerima Manfaat (DTKS). Proses ini bertujuan untuk memverifikasi data dan memastikan bahwa calon penerima bantuan memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

  4. Login ke opsi daftar usulan untuk mendaftarkan diri ke dalam DTKS

    Setelah login, selesaikan proses pendaftaran dengan mengikuti semua langkah yang diminta. Pastikan semua informasi yang diinput telah diverifikasi dan benar. Proses ini penting untuk memastikan bahwa data Anda telah masuk ke dalam sistem dan siap untuk divalidasi lebih lanjut.

  5. Selesaikan proses pendaftaran hingga selesai

    Setelah semua langkah pendaftaran selesai dilakukan, pastikan untuk menyelesaikan proses pendaftaran hingga akhir. Ini meliputi verifikasi data yang telah diinput serta menunggu konfirmasi dari pihak yang berwenang terkait status pendaftaran. Tunggu informasi lebih lanjut mengenai hasil pendaftaran dan status kelayakan Anda sebagai penerima bantuan.


Program Kartu Lansia Jakarta (KLJ) tidak hanya memberikan bantuan finansial, tetapi juga memperlihatkan kepedulian nyata pemerintah terhadap kesejahteraan warganya yang sudah lanjut usia. Dengan adanya KLJ, para lansia diharapkan dapat menikmati masa tua mereka dengan lebih tenang dan nyaman, tanpa harus khawatir tentang kebutuhan dasar yang mendesak.

Dukungan ini mencerminkan upaya kolektif untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan adil, di mana semua warganya, termasuk yang lanjut usia, mendapatkan perhatian dan perlindungan yang layak. KLJ menjadi bukti bahwa pembangunan yang berkelanjutan harus mencakup semua kelompok usia, memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal dalam perjalanan menuju kesejahteraan bersama.

Pos terkait