Syarat dan Cara Mengurus Ijazah yang Hilang 2024

Syarat dan Cara Mengurus Ijazah yang Hilang 2024

Syarat dan Cara Mengurus Ijazah yang Hilang 2024

Ijazah adalah dokumen penting yang menyatakan bahwa Anda telah menyelesaikan pendidikan formal tertentu. Dalam realita ijazah menjadi acuan dalam menilai qualitas seseorang. Ijazah sangat berperan penting dalam mendapatkan pekerjaan. Dengan ijazah orang dapat melihat seberapa besar kemampuan kalian dalam bidang akademik.

Walau tidak semua bisa dinilai dengan ijazah, akan tetapi ijazah tetap akan menjadi pesyaratan utama dalam dunia kerja. Selain dunia kerja, ijazah juga menjadi syarat utama dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dengan kepentingan ini banyak juga orang yang merasa hidupnya lebih berat karena ijazah ini. Ada beberapa orang yang tidak memliki dan bahkan ada beberapa orang yang telah menghilangkan ijazah mereka. Nah Jika ijazah Anda hilang, Anda perlu mengurusnya agar bisa memperoleh salinan yang baru. Berikut adalah syarat dan cara mengurus ijazah yang hilang pada tahun 2024:


  1. Segera Laporkan Kehilangan

    Ketika Anda menyadari bahwa ijazah Anda hilang, segera laporkan kehilangannya kepada pihak berwenang yang berwenang, seperti sekolah, perguruan tinggi, atau universitas yang mengeluarkan ijazah tersebut. Berikan informasi detail tentang ijazah yang hilang, seperti nama lengkap, nomor identitas, dan tahun penerbitan ijazah.

  2. Persiapkan Dokumen Pendukung

    Sebelum mengurus penggantian ijazah, persiapkan dokumen-dokumen pendukung yang akan Anda perlukan. Dokumen-dokumen ini dapat berbeda-beda tergantung pada lembaga pendidikan yang mengeluarkan ijazah, tetapi beberapa dokumen umum yang mungkin diperlukan termasuk:

    • Salinan identitas diri (KTP, paspor, SIM) yang masih berlaku.

    • Salinan akta kelahiran atau kartu keluarga yang mencantumkan nama lengkap Anda.

    • Salinan ijazah pendidikan sebelumnya, seperti ijazah SMP atau SMA.

    • Salinan transkrip nilai atau rapor terakhir.

    • Bukti pembayaran atau tanda terima dari lembaga pendidikan terkait.



  3. Hubungi Lembaga Pendidikan

    Setelah Anda melaporkan kehilangan ijazah dan telah menyiapkan dokumen-dokumen pendukung, hubungi lembaga pendidikan yang mengeluarkan ijazah. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

    • Carilah informasi kontak lembaga pendidikan yang relevan, seperti nomor telepon, alamat email, atau alamat fisik.

    • Hubungi pihak administrasi atau bagian akademik lembaga pendidikan dan jelaskan situasi kehilangan ijazah Anda.

    • Mintalah petunjuk dan formulir yang diperlukan untuk mengurus penggantian ijazah. Ada kemungkinan Anda harus mengisi formulir permohonan penggantian dan memberikan dokumen pendukung.

  4. Isi dan Ajukan Permohonan Penggantian Ijazah

    Setelah mendapatkan formulir permohonan penggantian dari lembaga pendidikan, isilah formulir tersebut dengan benar dan lengkap. Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Selain itu, lampirkan juga dokumen pendukung yang diminta.

    Setelah mengisi formulir dan melampirkan dokumen pendukung, kirimkan permohonan penggantian ijazah ke lembaga pendidikan sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Pastikan untuk mengirimkan salinan dokumen-dokumen pendukung dan menyimpan salinan aslinya dengan baik.


  5. Tunggu Proses Verifikasi

    Setelah Anda mengajukan permohonan penggantian ijazah, proses verifikasi akan dilakukan oleh lembaga pendidikan terkait. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa minggu atau lebih tergantung pada kebijakan dan kepadatan kerja lembaga tersebut. Selama proses verifikasi, lembaga pendidikan akan memeriksa keaslian dokumen pendukung yang Anda berikan dan memastikan bahwa Anda adalah pemilik asli ijazah yang hilang. Mereka juga mungkin membutuhkan informasi atau klarifikasi tambahan jika diperlukan.

  6. Ambil Ijazah yang Baru

    Setelah permohonan Anda disetujui dan ijazah yang baru telah diproduksi, lembaga pendidikan akan memberitahukan kepada Anda tentang kapan dan di mana Anda dapat mengambil ijazah yang baru. Ikuti petunjuk yang diberikan dan kunjungi lembaga pendidikan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Ketika Anda mengambil ijazah yang baru, pastikan untuk memeriksa kembali semua informasi yang tercantum untuk memastikan keakuratan data. Jika ada kesalahan atau ketidaksesuaian, segera laporkan kepada pihak yang berwenang untuk diperbaiki.


Mengurus penggantian ijazah yang hilang membutuhkan waktu dan proses yang cukup, tetapi dengan mengikuti panduan ini dan bekerja sama dengan lembaga pendidikan terkait, Anda dapat memperoleh salinan ijazah yang baru. Simpan ijazah yang baru dengan aman dan pastikan Anda memiliki salinan cadangannya jika terjadi kehilangan lagi di masa mendatang.

Pos terkait