Wisata

Wisata Bale Bukit Zaitun : Lokasi & Daya Tarik Destinasi Terbaru!

Salah satu Destinasi yang menarik perhatian dan berasal dari Sumatera Utara ialah Wisata Bale Bukit Zaitun. Space pegunungan yang bisa dijadikan sebagai tempat latihan panjat tebing dan menikmati pemandangan.

Terlebih lagi banyak sekali kisah dan sejarah yang juga tersimpan didalamnya. Bagi kamu yang penasaran tetang Tempat wisata yang sedang hangat ini. Kamu bisa simak isi artikel yang ada didalamnya mengenai pembahasan selengkapnya.

Informasi Lengkap Seputar Lokasi Wisata Bale Bukit Zaitun

Wisata Bale Bukit Zaitun adalah salah satu Destinasi pegunungan tinggi yang berada di sekitar space Gunung Sitoli. Pasalnya banyak sekali cerita dan sejarah yang dimiliki dari tempat wisata tersebut.

Menurut cerita dari warga sekitarnya, pembanguna Wisata satu ini berdasarkan dari adanya Desa Tertua yang terletak di Kabupaten Nias Barat yang biasa disebut Hilimbowo.

Sehingga Nama dari wisata tersebut memiliki 3 arti dengan makna yang berbeda. Dimana kata Bale yang artinya susunan batu, Bukit artinya menunjuk letak wisata desa, dan Zaitun adalah nama buah.

Jadi sudah jelas sekali bahwa Wisata ini memang sangat bersejarah sekali. Untuk itu bagi kamu yang tertarik sekali ingin mencoba adrenalin yang menantang dari pegunungan dan tebing di sekitarnya.

Maka kamu bisa mendatangi langsung Destinasi tersebut, yang berLokasikan lengkap di Hilimbowo, Kecamatan Mandrehe Utara, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Kamu bisa menemukan Wisata Bukit Zaitun ini dengan sangat mudah.

Bahkan dengan menggunakan Maps yang ada pada Ponselmu, kamu bisa ditunjukan ke arah jalan yang tepat untuk bisa sampai disana. Seluruh jalan maupun space yang dilewati, akan terlihat jelas biasanya didalam Maps tersebut.

Atau jika merasa kebingungan, kamu bisa bertanya dengan warga sekitar space Wisata. Sehingga mereka yang akan memberikan petunjuk dan arahan jalan yang lebih dekat untuk dilewati, agar segera sampai pada tujuan Destinasi.

Operasional Aktif Berkunjung Ke Wisata Bale Bukit Zaitun Terbaru 2024

Hal ini berhubungan dengan Tiket masuk dan juga waktu berkunjung kedalam Wisata Bale Bukit Zaitun. Pasalnya, kamu tidak perlu membeli ataupun membayar tiket apapun untuk masuk kedalam Destinasi wisata.

Jadi sudah pasti free of charge untuk para pengunjung yang ingin memasuki space wisata tersebut. Kamu beserta rombongan bisa dengan bebas masuk kesana tanpa harus mengeluarkan uang sediktpun.

Bahkan space parkir yang terdapat disana, tidak memerlukan bayaran apapun alias free of charge. Kamu hanya perlu menambahkan kunci ganda saja, pada kendaraan yang kamu miliki, agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Selain itu, tidak ada jam operasional khusus yang diberlakukan pada wisata Bukit Bale ini. Sehingga bisa dibilang buka selama 24 jam full, dan kamu bisa kapan saja mendatanginya bersama rombongan.

Untuk itu, kamu bebas sekali untu keluar masuk ke Wisata tersebut sesuka hatimu. Terlebih lagi tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk menikmati keidahan dan wahana menantang didalamnya.

Otomatis membuat pengunjung merasa senang, dan akan kembali lagi untuk melakukan kunjungan berikutnya, bersama kelompok yang lebih banyak. Untuk sekedar mengadakan acara tenting maupun penginapan didalamnya.

Daya Tarik Utama Wisata Bale Bukit Zaitun Yang Mempesona

Beberapa alasan yang menjadikan Wisata Bale Bukit Zaitun ini wajib untuk dikunjungi, karena ada Daya tarik yang mempesona terdapat didalamnya. Hal tersebut tidak bisa terlepas dan akan melekat sebagai icon dari Wisata tersebut.

Oleh sebab itu, domainjava.com/blog telah merangkumnya untuk kalian yang ingin dan segera mengunjungi tempat Wisata Bukit Bale ini. Sehingga kamu tidak kebingungan dengan spot yang akan dikunjungi nanti.

Karena Wisata tersebut memang sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka dengan kegiatan adrenalin yang menantang, dengan keindahan dan kesejukan pemandangan sekitar.

Potensi Sebagai Agrowisata

Sesuatu hal yang menjadikan Bukit Bale ini sebagai potensi Agrowisata karena, lokasinya yang cukup tinggi dan sangat strategis. Sehingga tanaman apapun yang ada disekitarnya akan tumbuh dengan subur dan juga hasil yang bagus.

Ada banyak sekali tumbuhan yang sudah ditaman di Bale Bukit tersebut seperti, pohon pisang, Durian,kacang-kacangan dan masih banyak lagi. Sehingga dijadikan peluang oleh Pemerintah sekitar, dengan dibantu oleh warga masyarakatnya, untuk mengembangkan bisnis Agrowisata tersebut.

Sehingga otomatis akan meningkatkan taraf perekonomian dari warga desa yang ada disekitar Bukit tersebut. Hasil dari pertanian yang telah di panen tersebut, nantinya akan dijual maupun di ekspor melalui jalur Pemerintah setempat yang berwenang.

Sangat menarik sekali bukan destinasi satu ini, selain jadi tempat wisata dengan pemandangan yang indah, Bukit Bale juga menjadi ladang bisnis sebagai peningkatan taraf ekonomi warga sekitarnya.

Menyusuri Sungai Oyo

Walaupun nama wisata ini Bale Bukit, namun didalamnya terdapat hamparan sungai yang bisa kamu telusuri loh. Nama sungai tersebut biasa disebut dengan Oyo. Kamu bisa menyusuri sungai tersebut jika berkunjung kedalamnya.

Disana akan ada perahu tradisional yang bernama Tundraha, akan membantu kamu dan rombong untuk berkeliling menyusur sungai Oyo tersebut. Kamu bisa menikmati pemandangan sekitar Sungai saat berkeliling nanti.

Sudah pasti akan menambah pengalaman baru untuk kamu, ketika menaiki Perahu tradisional tersebut. Terlebih lagi kamu bisa sambil menikmati panorama keidahan dari Bukit Bale melalui sungai yang ditelusuri dari atas perahu.

Kamu bisa mengabadikan setiap perjalanan tersebut dengan berfoto melalui ponsel yang dimiliki. Pasti akan meendapatkan hasil yang sangat indah dan estetik sekali, dengan latar pemandangan asli dari pegunungan.

Terdapat Bangunan Bersejarah

Dari awla mula Desa Hilimbowo ini terbentuk, mereka sudah memiliki bangunan yang sangat bersejarah. Bahkan hingga sampai saat ini masih dihuni oleh keturunan dari orang Baseo Lahagu.

Bangunan bersejarah yang dimaksud tersebut ialah Rumah adat. Dimana Rumah Adat tersebut bisa juga dijadikan sebagai tempat penginapan bagi para pengunjung yang ingin bermalam. Bahkan bisa menampung hinga kapasitas 150 orang loh.

Bisa dibayangkan bukan, betapa besarnya rumah adat yang terdapat diatas Bukit tersebut, yang bisa menampung hingga ratusan orang. Jadi untuk kamu yang penasaran dengan Rumah Adat tersebut.

Maka kamu bisa segera melakukan kunjungan ke tempat wisata Bale Bukit. Agar bisa merasakan juga masuk kedalam rumah bersejarah yang terdapat disana, dan menjadi salah satu pengalaman yang tidak pernah terlupakan.

Pelestarian Lingkungan Sekitar

Satu hal yang sudah pasti menarik perhatian para wisatawan maupun warga lokal, untuk berkunjung ke Bukit Bale ini yaitu adanya Pelestarian rutin yang dilakukan terhadap lingkungan sekitar.

Sebab hal tersebut sangatlah penting untuk tetap menjaga keindahan alami dari alam sekitar pegunungan. Bahkan udara yang sangat sejuk akan selalu dirasakan, bagi lingkungan yang selalu dirawat dan dijaga.

Pemerintah dan warga sekitar yang selalu berupaya menjaga bangunan bersejarah maupun kerajinan yang ada didalmnya, agar tetap lestari dan tidak terlepas dari sejarah aslinya.

Untuk itu, disarankan bagi pengunjung yang datang, agar tetap menjaga lingkungan sekitar saat berkunjung. Dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat, atau berserakan dimana-mana.

Kegiatan Menarik Yang Dilakukan Pada Wisata Bale Bukit Zaitun

Ketika kamu berada di Wisata Bale Bukit Zaitun, maka ada beberapa aktivitas atau kegiatan yang bisa kamu lakukan didalamnya. Agar bisa menambah pengalaman baru kamu saat berlibur maupun berwisata kesana.

Hal ini sangat cocok sekali untuk kamu yang menyukai tantangan maupun adrenalin yang berbeda, dibanding berkunjung ke tempat wisata lainnya. Kamu bisa mengasah tingkat ketakutan yang ada didalam diri, agar menjadi lebih pemberani.

Mari simak ulasan dari domainjava.com/blog apa saja kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berada didalam wisata Bukit Bale ini.

Panjat Tebing

Perlu kamu ketahui, bahwa bukit yang terdapat didalam Wisata ini sangatlah Curam. Sehingga bisa dijadikan sebagai spot maupun kegiatan latihan panjat tebing, bagi para atlit panjat.

Bahkan tebing yang dimiliki merupakan salah satu Tebing yang terpanjang didunia. Jadi menarik perhatian para wisatawan dan para atlit panjat tebing lainnya. Namun sayangnya, tidak ada pengawasan di Tebing tinggi tersebut.

Jadi pengunjung tetap diberi peringatan utuk tetap berhati-hati saat memanjat, dan tidak diperbolehkan Panjat tebing sepenuhnya dalam arti memanjang. Terlebih lagi saat musim penghujan.

Tidak disarankan untuk melakukan kegiatan panjat tebing, sebab potensi berbahaya sangat besar bagi para pengunjung yang datang. Karena tebing tersebut sudah pasti licin dan susah untuk di Panjat.

Mancing Ikan Air Tawar

Kegiatan selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitumemancing ikan air tawar di sekitar sungai Bukit Bale. Ikan tersebut biasa dipanggil dengan nama onogoi oleh warga sekitar Desa.

Bahkan kamu bisa langsung mengkonsumsi ikan yang sudah didapat, untuk lauk makan kalian saat itu juga loh. Namun, untuk mendapatkan ikan tersebut kamu memerlukan alat pancing, yang bisa kamu buat dari bambu dan tali jika tidak membawa pancingan.

Hal ini sering kali dilakukan oleh para pengunjung dan juga warga sekitar Desa. Mereka senang sekali melakukan aktivitas memancing ikan tersebut, sebab hasil yang didapat bisa langsung dikonsumsi, dan rasa ikannya juga terbilang cukup enak.

Untuk kamu yang ingin meraskan pengalaman lengkap, bisa langsung mengunjungi tempat Wisata Bukit Bale ini. Rekreasi murah meriah, dengan pengalaman menarik dan luar biasa didalamnya bisa kamu dapatkan.

Spot Foto Pada Bangunan Dan Kerajinan Bersejarah

Terakhir hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu, kegiatan berfoto pada bangunan sejarah dan kerajinan yang ada didalamnya. Kamu bisa melihat-lihat terlebih dahulu, isi dari bangunan tersebut.

Kemudian melihat proses pembuatan kerajinan yang ada disana. Lalu kamu bisa memfoto setiap proses kegiatan sejarah yang sedang kamu lakukan. Jadi akan membuat kenang-kenangan dan juga pengalaman bersejarah yang menarik untuk dikerjakan.

Bukan hanya sekedar refreshing saja, kamu juga bisa menambah wawsan serta ilmu pengetahuan baru yang didapat dari tempat wisata tersebut. Sangat menarik sekali bukan.

Itulah informasi terkini yang telah domainjava.com/blog rangkum mengenai Wisata Bale Bukit Zaitun. Semoga artikel terkait bermanfaat bagi pembaca yag membutuhkan informasi tersebut.

Baca juga artikel selanjutnya yang berkaitan :

Back to top button