Bukit Moko Bandung: Lokasi, HTM, Aktivitas Wisata dan Daya Tarik

oleh
Bukit Moko Bandung: Lokasi, HTM, Aktivitas Wisata dan Daya Tarik

Bukit Moko Bandung atau Moko Hill adalah salah satu tujuan yang menarik untuk dijadikan list ketika ingin menikmati pemandangan kota Bandung dari atas bukit. Bukit ini merupakan wisata alam Bandung yang keren dan menakjubkan.

Kalau Anda adalah seseorang yang suka sekali dengan alam dan tidak takut dengan ketinggian, maka sangat disarankan untuk datang ke Moko Hill ini. Tempat wisatanya sangat sejuk, menenangkan, dan tentunya ada banyak aktivitas seru untuk Anda nikmati ketika ke sini, apa saja ya?

Alamat Bukit Moko Bandung

Alamat-bukit-moko

Alamat Bukit Moko sendiri ada di desa Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Wisata satu ini cocok untuk dikunjungi bersama pasangan yang sama-sama suka dengan alam karena Anda bisa berkemah di atas bukit.

Jika Anda melakukan solo trip dari luar kota, maka Anda bisa memulai perjalanan dari stasiun Cicaheum. Ya, dari Bandung, Anda bisa menuju stasiun Cicaheum dengan angkutan kota.

Dari stasiun tersebut, Anda bisa memesan transportasi ojek online seperti Gojek atau Grab yang bisa mengantarkan sampai tujuan. Jika Anda tidak naik ojek online alias ojek biasa, maka mereka akan menarik harga tinggi.

Anda perlu melakukan negosiasi terlebih dahulu untuk memastikan harga sebelum menggunakan jasa ojek biasa. Sedangkan jika menggunakan kendaraan sendiri, perjalanan juga bisa dimulai dengan menuju kawasan stasiun Cicaheum.

Dari stasiun Cicaheum, ambil jalan menuju Jl Padasuka hingga mentok. Kemudian, Anda akan melewati wisata populer di Bandung seperti Saung Angklung Udjo. Dari wisata tersebut, Anda bisa lurus saja sampai bertemu pohon beringin besar.

Jika sudah melewati pohon beringin besar, berarti sudah sampai di tempat wisata di Caringin Tilu Bandung. Nah, Moko Hill sendiri merupakan puncak bukit tertinggi di kawasan Caringin Tilu.

Harga Tiket Masuk Bukit Moko

Harga-Tiket-Masuk-bukit-moko

Moko Hill menjadi wisata yang belakangan banyak diperbincangkan oleh wisatawan karena dikenal dengan pemandangan dari atas bukitnya yang seru. Ketinggian Bukit Moko sendiri mencapai 1500 meter di atas permukaan laut sehingga masih terbilang aman didaki untuk para pemula.

Sebelumnya, Anda akan dikenakan tiket masuk Moko Hill Bandung terlebih dahulu ketika sampai di Caringin Tilu. Sebenarnya ada cara lain untuk mencapai Moko Hill tanpa harus membayar tiket masuk, namun tidak disarankan karena kondisi jalan yang lebih sulit untuk dilalui daripada di Jalan Padasuka.

Adapun untuk harga tiket masuk Bukit Moko sendiri adalah Rp15.000. Kalau ingin include makan, maka bisa beli tiket seharga Rp30.000 yang sudah termasuk dengan harga tiket masuk dan paket makan di Moko Hill.

Selain harga tiket masuk, Anda juga perlu membayar uang parkir, terutama jika membawa kendaraan pribadi sendiri. Untuk yang membawa sepeda motor, maka akan dikenakan biaya Rp2000 saja. Sementara bagi yang membawa mobil, perlu membayar parkir Rp5000.

Jam Buka Bukit Moko

Bagi Anda yang ingin sekali mengunjungi wisata perbukitan satu ini, datanglah kapan saja. Wisata Moko Hill sendiri buka 24 jam setiap harinya. Anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbit dan juga terbenam dari atas perbukitan yang indah.

Hanya saja ada hal yang perlu diperhatikan bagi wisatawan apabila ingin datang di malam hari. Pastikan Anda membawa penerangan sendiri dan harus ekstra berhati-hati karena medan jalan yang ditempuh lumayan sulit, apalagi kondisi jalan juga gelap.

Aktivitas dan Daya Tarik Wisata Bukit Moko

Menikmati alam kota Bandung memang daya tarik tersendiri yang membuat siapapun jadi ingin datang ke Moko Hill. Beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan kalau sudah datang ke Moko Hill adalah:

1. Berkemah

Tidak ada guest house murah di Moko Hill Bandung kalau Anda ingin menginap. Jadi, aktivitas seru yang bisa dilakukan kalau Anda sedang ke bukit ini adalah mendirikan tenda. Ya, di Moko Hill ini camping ground yang bisa menjadi tempat berkemah Anda dan teman-teman.

Tempatnya sendiri sangat luas untuk bermalam sambil menyalakan api unggun. Kalau Anda tidak membawa peralatan kemah sendiri, tenang saja! Di kawasan ini terdapat persewaan tenda yang terjangkau untuk Anda bermalam dan menyaksikan indahnya pemandangan malam kota Bandung.

Untuk menghangatkan badan dan memeriahkan acara di malam hari, menyalakan api unggun tentu menjadi pelengkap kegiatan Anda bersama keluarga atau teman. Kalau Anda ingin berkemah, jangan lupa untuk menjaga kebersihan selama berada di tempat ini.

2. Menikmati Pemandangan Malam

Harus diakui bahwa pemandangan kota Bandung di Bukit Moko saat malam hari begitu indah. Pemandangan di malam hari yang ditawarkan oleh Kawasan wisata ini sungguh menakjubkan sehingga membuat siapapun merasa nyaman.

Dari atas bukit, Anda bisa menyaksikan indahnya gemerlap lampu malam menghiasi kota Bandung. Selain itu, saat menyaksikan ke atas, Anda juga bisa melihat bintang-bintang di langit yang tidak kalah gemerlapnya.

Anda bisa menikmati pemandangan malam di Moko Hill ini dengan secangkir kopi dan juga jagung bakar. Di bukit wisata ini, terdapat beberapa warung yang menjual aneka macam camilan untuk menemani kegiatan Anda.

3. Nikmati Matahari Terbenam dan Matahari Terbit

Menyaksikan indahnya matahari terbenam dan juga terbit di Bukit Moko adalah momen terbaik untuk dirasakan dan diabadikan. Matahari terbenam dan matahari terbit yang begitu bagus di Moko Hill bisa menjadi momen terbaik untuk Anda upload di akun Instagram atau sosial media Anda lainnya.

Namun, untuk menikmati matahari terbit, Anda harus datang sebelum subuh atau bisa bermalam dengan mendirikan tenda. Kalau ingin mengabadikan momen penting di Moko Hill tersebut, pastikan Anda membawa kamera dengan baterai yang tentunya sudah terisi penuh.

4. Wisata Kuliner

Aktivitas seru lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan kalau sedang ke Moko Hill adalah berwisata kuliner. Banyak warung-warung berdiri di sekitar tempat wisata ini. Adapun Warung Daweung merupakan salah satu warung yang populer di kawasan wisata Moko Hill

Menu jajanan yang disediakan di warung-warung sekitar Moko Hill ada banyak sekali sehingga cocok untuk kulineran. Beberapa di antaranya ada pisang goreng, mendoan, mie instan, kopi, soto bandrek dan lain-lain. Bandrek sendiri adalah minuman hangat khas Bandung yang wajib Anda coba.

Cocok sekali menikmati bandrek di tengah dinginnya suasana Moko Hill. Dibuat dari bahan utama jahe, banderk sangat pas untuk menghangatkan tubuh Anda,

Oh ya, setiap warung yang ada di Kawasan wisata ini juga menyediakan kursi dan meja yang terbuat dari batu. Jadi, Anda bisa duduk dan makan sambil menikmati pemandangan Moko Hill yang indah.

Fasilitas yang Ada

Moko Hill sendiri sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas meliputi:

  • Parkir luas
  • Mushola
  • Warung makan
  • Toilet
  • Camping ground
  • Sewa alat camping

Dengan fasilitas yang sudah memadai ini, tentunya pengalaman wisata Anda semakin seru dan menyenangkan.

Bagi yang suka dengan wisata alam di Bandung, maka jangan coba lewatkan Bukit Moko ini. Banyak pengalaman seru untuk dieksplorasi ketika datang ke Moko Hill.

Baca Juga: