Cara Agar Gorengan Tidak Berminyak dengan Teknik Deep Frying, Simak disini

oleh
Cara Agar Gorengan Tidak Berminyak dengan Teknik Deep Frying

Domainjava.com – Bagaimana cara agar gorengan tidak berminyak? Gorengan merupakan kudapan yang sering dijumpai di seluruh wilayah indonesia. Namun, gorengan cenderung mengandung banyak minyak yang kurang baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, ada tips mengurangi minyak di gorengan saat memasaknya.a

Memiliki tekstur yang renyah diluar dan lembut di dalam membuat gorengan banyak digemari masyarakat Indonesia. Beragam jenis gorengan ada mulai dari bakwan, tempe tepung, tahu isi, pisang goreng, hingga pastel.

Untuk membuat gorengan dengan tekstur yang disukai banyak orang tersebut memiliki caranya tersendiri, yakni menggunakan deep frying. Teknik deep frying biasa digunakan untuk menggoreng kentang, ayam, ikan, donat, dan makanan lainnya yang membutuhkan hasil akhir makanan dengan tekstur yang renyah.

Cara tersebut dilakukan dengan menggoreng menggunakan banyak minyak, sehingga penyerapan minyak yang berlebihan ditakutkan dapat membuat makanan menjadi tidak sehat dikonsumsi. Berikut ini adalah cara agar gorengan tidak berminyak, ini tips mengurangi minyak di gorengan saat memasak dengan teknik deep frying.

Cara Agar Gorengan Tidak Berminyak, Ini Tips Mengurangi Minyak di Gorengan Saat Memasak

tips mengurangi minyak di gorengan

Berbagai macam pertanyaan mengenai bagaimana caranya agar gorengan tidak berminyak dapat terjawab lewat rincian penjelasan berikut ini.

  • Gunakan Wajan yang Besar

Agar makanan tidak terlalu padat ketika digoreng dengan teknik deep frying, wadah penggorengan yang besar merupakan solusinya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyerapan minyak berlebih.

Pada dasarnya, minyak tidak bisa mengalir dengan baik di sisi makanan ketika makanan tidak memiliki ruang di dalam wajan. Selain itu, makanan yang terlalu padat ketika digoreng akan sulit memiliki tekstur yang renyah.

Oleh karena itu, makanan akan menyerap banyak minyak dan membuat gorengan mengandung minyak berlebih yang tidak sehat.

  • Perhatikan Suhu

Selain pengguna wajan, suhu ketika memasak juga perlu diperhatikan. Hal ini karena menggoreng dengan suhu minyak rendah akan akan lebih menyerap minyak.

Solusinya, bisa panaskan minyak terlebih dulu hingga berada di suhu yang sesuai. Selanjutnya, makanan baru bisa dimasukkan dengan tetap menjaga suhu optimal.

  • Keringkan Makanan Sebelum Deep Frying

Penyerapan minyak berlebih faktanya bisa dilakukan dengan menepuk-nepuk makanan kering sebelum menggorengnya. Hal itu disebabkan karena minyak dapat menempel lebih banyak pada permukaan yang lembab ketika melakukan deep frying. Hasilnya, penyerapan minyak oleh makanan akan semakin tinggi.

  • Gunakan Lapisan Adonan

cara agar gorengan tidak berminyak

Biasanya gorengan akan dimasukkan ke dalam wajan dengan minyak panas ketika dibaluri adonan tepung. Namun, jika mencelupkan makanan ke dalam adonan tepung dan melapisinya dengan tepung roti bisa dijadikan solusi.

Gorengan yang dimasak dengan cara tersebut dapat menghadirkan tekstur yang renyah dan mengurangi penyerapan minyak berlebih terhadap makanan.

  • Gunakan Minyak Kualitas Baik

Menggoreng dengan minyak yang banyak dan wajan yang besar sebaiknya didukung oleh kualitas minyak yang baik. Minyak yang baik disini ialah minyak yang mempunyai titik asap tinggi saat menggoreng. Sebagai contoh ada minyak canola, kacang tanah, atau minyak sayur merupakan minyak dengan titik asap tinggi.

  • Menggoreng Sedikit Demi Sedikit

Terdapat fenomena menarik ketika memasak gorengan dengan teknik deep frying. Nampaknya suhu minyak akan cenderung menurun jika kita menggoreng dengan jumlah yang tidak sedikit. Selain itu, gorengan yang dihasilkan akan cenderung basah dan berminyak.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan memasukan makanan ke dalam wajan untuk digoreng dengan kelompok kecil atau jumlah yang sedikit di saat yang bersamaan. Hal itu dilakukan agar suhu minyak tidak berubah drastis sehingga dapat menghasilkan makanan dengan tingkat kematangan yang baik.

  • Tiriskan Minyak

cara masak gorengan agar tidak berminyak

Kudapan favorit masyarakat Indonesia ini seringkali dimasak dengan cara menggoreng dengan menggunakan minyak yang banyak hingga menenggelamkanya. Sehingga minyak yang meresap di dalam gorengan akan semakin banyak.

Untuk menghindari hal tersebut, perlu meniriskan makanan untuk mengurangi minyak yang berlebih setelah melakukan penggorengan. Hal tersebut merupakan langkah yang penting untuk meminimalisir kandungan minyak pada gorengan yang telah masak.

Cara tersebut juga bisa membantu menghilangkan minyak berlebih yang menempel pada permukaan makanan. Penggunaan tisu dapur merupakan elemen penting pada cara ini. Makanan yang ingin ditiriskan bisa diletakkan di atas tisu dapur atau di atas rak kawat.

Itulah 7 cara agar gorengan tidak berminyak dan tips mengurangi minyak di gorengan saat memaak. Tips ini bisa dicoba ketika memasak gorengan sebagai camilan keluarga nanti ya!

Baca Juga: