Cara Menghilangkan Stretch Mark dan Garis Halus pada Kulit

oleh
Cara Menghilangkan Stretch Mark dan Garis Halus pada Kulit

Domainjava.com – Seringkali pada ibu hamil atau orang dengan kondisi berat badan berlebih (obesitas), stretch mark tidak dapat dihindarkan. Meski tidak berbahaya, namun stretch mark juga cukup mengganggu karena merusak penampilan, sehingga banyak orang yang mencari cara menghilangkan stretch mark pada kulit.

Stretch mark sendiri merupakan kondisi di mana timbul garis halus yang mirip dengan sayatan pada permukaan kulit. Garis halus ini ada yang berwarna putih buram dan juga merah. Tak heran jika banyak orang terutama wanita yang berupaya keras mencari cara menghilangkan stretch mark agar tidak merusak penampilan.

Biasanya stretch mark muncul di area tubuh yang memiliki kadar lemak tinggi seperti perut, paha, lengan atas, pinggang hingga bokong, yang disebabkan karena peregangan drastis pada kulit. Dalam hal ini stretch mark bisa terjadi pada orang hamil, remaja yang pubertas, dan orang-orang yang mengalami kenaikan atau pun penurunan berat badan berlebih.

Stretch mark pada dasarnya sulit dihilangkan bahkan cenderung bersifat permanen. Namun hal itu bisa diatasi dengan perawatan rutin, terlebih di jaman canggih ini peralatan dokter khusus kecantikan pun sudah memadai.

Lebih lanjut, cara menghilangkan stretch mark sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik secara alami ataupun secara medis. Bagi yang ingin cepat dan instan bisa langsung mendatangi dokter kulit, sementara jika ingin mencoba cara menghilangkan stretch mark secara alami di rumah juga bisa kamu coba terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya simak beberapa cara berikut.

Cara Menghilangkan Stretch Mark pada Kulit

cara menghilangkan strechmark

  • Rutin Pijat Menggunakan Minyak Zaitun

Memijat area kulit yang terkena stretch mark dengan menggunakan minyak zaitun dipercaya bisa memudarkan garis-garis halus tersebut. Kandungan minyak zaitun dapat melembabkan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. Kondisi kulit yang lembab dapat mengoptimalkan pertumbuhan sel kulit baru sehingga garis-garis halus tersebut bisa memudar.

Memijat dengan menggunakan minyak zaitun ini tentunya harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

  • Gunakan Krim Topikal

Kamu juga bisa menghilangkan garis-garis halus akibat stretch mark dengan penggunaan krim topikal. Krim topikal yang biasanya direkomendasikan oleh dokter adalah krim asam hialuronat dan krim retinoid. Jadi penggunaannya harus berdasarkan pada resep dokter.

Saat dioleskan pada garis-garis halus, krim tersebut mampu merangsang produksi kolagen yang berguna mempercepat proses regenerasi kulit.

  • Perawatan Laser

treatment hilangkan strechmark

Selanjutnya cara menghilangkan stretch mark dengan cepat yakni dengan melakukan perawatan laser. Dibandingkan cara alami, cara yang satu tentunya akan merogoh kocek lebih dalam lagi.

Perawatan laser dilakukan pada area kulit yang mengalami stretch mark dengan cara menyinarinya dengan sinar laser. Hal ini akan merangsang produksi kolagen yang mempercepat proses pertumbuhan kulit baru.

Cara kerja perawatan laser hampir mirip dengan pemberian krim topikal. Selain itu, perawatan laser juga dianjurkan untuk stretch mark yang sudah terjadi bertahun-tahun karena sulit dihilangkan jika menggunakan cara alami.

  • Eksfoliasi

Eksfoliasi juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stretch mark. Dengan eksfoliasi, sel-sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit nantinya akan terangkat.

Eksfoliasi secara rutin pada area stretch mark juga bisa mencegah guratan-guratannya menjadi lebih parah. Kamu bisa menggunakan produk eksfoliasi apa pun untuk perawatan jenis ini di rumah, asalkan produk tersebut aman.

Selain itu, jika tidak berani melakukannya sendiri di rumah, kamu bisa ke rumah sakit untuk melakukan chemical peeling.

  • Microneedling

Perawatan untuk stretch mark selanjutnya adalah microneedling. Bagi yang belum tahu, microneedling adalah tindakan medis yang dilakukan untuk mengatasi guratan stretch mark dengan menggunakan alat bernama dermaroller. Dermaroller ini merupakan alat berbentuk roller yang memiliki jarum kecil di sekelilingnya.

Perawatan stretch mark dengan metode microneedling ini nantinya akan memicu produksi elastin dan kolagen yang baik dalam membantu pertumbuhan kulit baru.

  • Gunakan Minyak Vitamin E

cara hilangkan strechmark

Cara alami lain dalam menghilangkan stretch mark adalah dengan menggunakan minyak vitamin E. Minyak vitamin E terkenal sangat baik untuk kulit. Dengan penggunaan minyak ini nantinya akan membantu meningkatkan kelembaban kulit dan produksi kolagen.

  • Gunakan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal sebagai bahan alami paling baik dalam melembabkan dan menghidrasi kulit. Kamu juga bisa menggunakan gel lidah buaya untuk menyamarkan stretch mark.

Kandungan lidah buaya yang melembabkan dan juga menenangkan dapat membantu proses regenerasi kulit.

Itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark baik secara alami atau pun secara medis. Meski garis-garis halus akibat stretch mark sulit dihilangkan, namun dengan perawatan rutin dan minum air putih yang banyak bisa membantu menghilangkan stretch mark meski tidak instan. Sebaliknya, jika ingin cepat dan akurat, kamu bisa mencoba cara menghilangkan stretch mark secara medis dengan bantuan dokter.

Baca Juga: