3 Cara Pinjam Uang di Bank BRI dan Persyaratannya, Bisa Online!

oleh
3 Cara Pinjam Uang di Bank BRI dan Persyaratannya, Bisa Online!

Ketika membutuhkan dana untuk kebutuhan mendesak, mengajukan pinjaman dana kepada pihak Bank merupakan opsi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Kira-kira bagaimana cara pinjam uang di Bank BRI? Tentu saja mudah, sama halnya dengan prosedur peminjaman bank lainnya.

Produk pinjaman yang diberikan oleh Bank BRI biasanya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah dan kemampuan pembayaran kedepannya. Walaupun kini menawarkan syarat tidak serumit dulu, tapi Bank BRI selalu melakukan pengecekan secara mendalam terkait data yang disetorkan peminjam.

Syarat Dokumen Pengajuan Pinjaman Bank BRI

Syarat-Dokumen-Pengajuan-Pinjaman-Bank-BRI

Cara cepat pinjam uang di Bank BRI dengan mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan. Jadi sebelum Anda mengajukan pinjaman secara online maupun offline, pastikan bahwa semua dokumen yang dibutuhkan benar-benar sesuai dan bisa dipertanggungjawabkan nantinya.

  1. FC KTP sebagai bentuk identitas diri yang valid.
  2. FC KK (Kartu Keluarga).
  3. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).
  4. FC Buku Tabungan Bank BRI.
  5. Pas Foto Terbaru Suami Istri (Bagi Nasabah yang Sudah Menikah).
  6. Formulir Permohonan Pinjaman Bank BRI.
  7. Sertifikat Hak Milik (SHM) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan).
  8. BI Checking Aman
  9. Memiliki Usaha Sudah Berjalan Minimal 1 Tahun.
  10. Mengajukan Bukti Lampiran Surat Izin Usaha.

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman Bank BRI dengan menggunakan agunan sertifikat rumah, kendaraan, dan lainnya bisa menyiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan. Jika ada 1 syarat yang tidak memenuhi kriteria, Bank BRI tidak akan memberikan pinjaman dana terlebih dahulu.

Cara Pinjam Uang di Bank BRI dengan Cepat dan Mudah

Sebenarnya mengajukan pinjaman melalui Bank BRI bisa dilakukan dengan beberapa alternatif misalnya melalui website resmi Bank BRI, aplikasi, dan mendatangi kantor cabang. Sebagai pemula yang masih bingung tahapan peminjaman dana, bisa ikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Menggunakan Website Resmi

Untuk memberi kemudahan nasabahnya dalam mengajukan pinjaman dana darurat, Bank BRI sengaja memberikan layanan melalui website resmi. Kunjungi website Bank BRI lewat peramban apapun misalnya Mozilla Firefox, Google Chrome, dan lain-lain.

  • Pengguna bisa langsung mengakses laman https://pinjaman.bri.co.id/. Jika sudah memasuki laman beranda, masukkan menu “Pengajuan”.
  • Pada laman berikutnya, silahkan klik “Simple Form” dan baca secara lengkap semua syarat dan ketentuan yang diminta oleh pihak Bank BRI.
  • Lakukan bagian “Syarat dan Ketentuan”, kemudian klik “Setuju” untuk bisa memulai proses pengajuan pinjaman.
  • Disana Anda akan menemukan langkah-langkah mudah untuk menyelesaikan proses, upload dokumen yang dibutuhkan sampai tahap pencairan.

Cara meminjam uang di Bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah atau jaminan lainnya, tentu bisa dilakukan dengan mengunjungi laman website. Namun tidak sedikit nasabah yang mengalami kendala, oleh sebab itu bisa segera mengunjungi cabang BRI terdekat untuk meminta bantuan.

2. Mengajukan Pinjaman Menggunakan BRISSPOT

Selain menggunakan website resmi Bank BRI, Anda juga bisa mengajukan pinjaman dana melalui aplikasi bernama BRISPOT. Download aplikasi itu melalui platform resmi Google PlayStore atau AppStore, kemudian lakukan langkah registrasi seperti aplikasi biasanya.

  • Bagi Anda yang belum memiliki aplikasi BRISPOT, lakukan pengunduhan terlebih dahulu pada platform PlayStore atau AppStore.
  • Jika aplikasi sudah terinstall pada HP, lakukan tahapan registrasi sampai selesai. Pastikan data yang dimasukkan dalam aplikasi sudah sesuai dan valid.
  • Nasabah pilih opsi “Pinjaman” yang dibutuhkan misalnya ada Briguna Umum, Briguna Karya, Briguna pekerja BRI, dan Briguna Purna.
  • Jika sudah menentukan jenis pinjaman, nasabah perlu mengikuti beberapa langkah yang sudah tertera lengkap pada layar smartphone.

Cara pinjam uang di Bank BRI dengan menggunakan aplikasi BRISPOT, akhir-akhir ini memang cukup disukai. Bagaimana tidak? Alternatif seperti ini dianggap lebih simpel tanpa harus repot mengunjungi kantor cabang Bank BRI secara langsung. Sudah pernah mencobanya?

3. Mendatangi Kantor Cabang Bank BRI

Cara terakhir mengajukan pinjaman dana melalui Bank BRI dengan mengunjungi kantor cabang terdekat tempat tinggal Anda. Opsi ini sampai sekarang masih banyak yang menggunakan, apalagi bagi kalangan lansia yang tidak terlalu mahir dalam mengoperasikan teknologi.

  • Silahkan datangi kantor cabang Bank BRI terdekat, kemudian isi “Formulir Pinjaman” dengan benar sesuai data yang ada.
  • Lengkapi keseluruhan berkas yang diminta oleh Bank misalnya KK,KTP, NPWP, surat keterangan usaha, dan BPKB kendaraan bagi debitur yang menggunakan jaminan kendaraan.
  • Tunggu Bank BRI memproses pengajuan pinjaman, kemudian nantinya akan melakukan uji kelayakan usaha terlebih dahulu dengan metode survey lapang.
  • Jika uji kelayakan sudah memenuhi persyaratan, permintaan kredit nantinya akan segera disetujui oleh pihak Bank BRI.
  • Pihak BRI akan segera mencairkan dana pinjaman melalui nomor rekening nasabah melalui nominal yang sudah disetujui sebelumnya.

Cara mengajukan pinjaman uang di Bank BRI dengan mendatangi kantor bisa menjadi opsi yang memudahkan bagi nasabah yang memiliki waktu luang. Dengan begitu segala proses pemeriksaaan data sampai pencairan akan selesai lebih cepat ditangani oleh petugas kantor.

Persiapan Mengajukan Pinjaman Dana Bank BRI

Cara-Pinjam-Uang-di-Bank-BRI-dengan-Cepat-dan-Mudah

Selain persyaratan data yang sudah dibahas sebelumnya, ternyata ada beberapa persiapan lain yang perlu diketahui oleh nasabah. Persiapan yang dimaksud berkaitan dengan kriteria peminjam, plafon pinjaman, jangka waktu pinjaman, tujuan, dan masih banyak lagi tentunya.

1. Nasabah Perlu Memenuhi Kriteria Pinjaman BRI

Saat akan melakukan pinjaman melalui Bank BRI, tentunya ada beberapa kriteria yang ditetapkan oleh Bank BRI bagi para peminjamnya. Jika Anda belum memenuhi salah satu kriteria, maka tidak dapat melakukan pengajuan pinjaman terlebih dahulu.

  • Nasabah termasuk WNI (Warna Negara Indonesia) yang bertempat tinggal di Indonesia.
  • Sudah berusia minimal 21 tahun dan kredit lunas belum pensiun.
  • Memiliki penghasilan paling sedikit Rp3 juta.
  • Masa kerja mulai dari 1 tahun bagi para karyawan tetap.
  • Berkaitan dengan masa kerja pegawai kontrak tentunya ada ketentuan khusus.
  • Pengusaha perlu melampirkan surat izin usaha minimal sudah dijalankan selama 2 tahun.

2. Memilih Plafon Pinjaman

Selain memperhatikan cara pinjam uang di Bank BRI, Anda juga harus memilih plafon pinjaman yang sesuai dengan kemampuan. Plafon pinjaman berkaitan dengan produk pinjaman yang akan digunakan dan memiliki beragam ketentuan yang berbeda.

3. Menentukan Jangka Waktu Pinjaman

Jangka waktu pinjaman tentunya berkaitan dengan besar kecilnya cicilan yang perlu dibayarkan tiap bulannya. Untuk bisa memperhitungkan jumlah cicilan tiap bulannya, nasabah bisa lakukan simulasi kredit melalui website resmi http://bri.co.id/.

4. Mempertimbangkan Tujuan Peminjaman Dana

Tujuan peminjaman yang mudah disetujui oleh Bank BRI biasanya untuk kebutuhan konsumsi atau usaha. Anda juga bisa mengajukan pinjaman untuk tujuan pembelian aset misalnya rumah dan mobil sesuai peruntukannya. Apa persiapan selanjutnya?

5. Menyiapkan Semua Jaminan

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk jaminan misalnya SHM bangunan dan tanah, nilai jaminan yang sudah memenuhi persyaratan Loan To Value, dan pemilik jaminan sah. Bank BRI tidak sembarangan menerima jaminan yang diberikan nasabah, perlu ada pemeriksaan lebih dulu.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman ke Bank BRI, juga perlu menghitung kemampuan membayar yang sesuai dengan kemampuan. Baru setelah mempertimbangkan dengan matang, bisa pilih cara pinjam uang di Bank BRI melalui laman website, aplikasi BRISPOT, dan kantor cabang terdekat.

Baca Juga: