Cara Pinjam Uang di Pegadaian, Syarat & Jaminannya (BPKB, dll)

oleh
Cara Pinjam Uang di Pegadaian, Syarat & Jaminannya (BPKB, dll)

Pegadaian sudah lama hadir ditengah masyarakat dan sering digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan uang tunai. Cara pinjam uang di Pegadaian apakah sama dengan gadai ataukah ada perbedaannya?

Pegadaian merupakan tempat dimana orang bisa menggadaikan barang-barang yang dimilikinya untuk mendapatkan pinjaman sesuai nilai jaminannya tersebut. Jenis produk layanan pinjaman di Pegadaian yaitu Gadai Emas, Non Emas, Gadai Kendaraan, Pinjaman Usaha dan lain-lain.

Pegadaian menjadi tempat meminjam uang favorit masyarakat karena terjamin keamanannya dan mudah prosedurnya. Selain itu, meminjam uang melalui Pegadaian, bunganya termasuk ringan dan barang yang digadaikan akan diasuransikan.

Cara Pinjam Uang di Pegadaian dan Syaratnya

Cara-Pinjam-Uang-di-Pegadaian-dan-Syaratnya

Cara meminjam uang di Pegadaian dapat dilakukan dengan mudah, asal apa yang menjadi persyaratannya sudah dipenuhi. Caranya, langsung saja datang ke Pegadaian dan membawa barang yang akan digadaikan, yang terdiri dari :

Apa saja syarat untuk meminjam uang di Pegadaian? Syarat-syaratnya yaitu :

  1. Fotokopi KTP, Kartu Keluarga (KK) ataupun BPKB Motor
  2. Mengisi formulir peminjaman uang yang disediakan oleh Pegadaian
  3. Menyerahkan barang gadai atau jaminan.

Selanjutnya, peminjam harus mengikuti ketentuan dan cara meminjam uang di Pegadaian sesuai dengan jenis produk yang dipilih.

Jenis Pinjaman di Pegadaian

Jenis-Pinjaman-di-Pegadaian

Pegadaian menyadari masyarakat memiliki kebutuhan masing-masing, begitu juga dengan barang agunan yang dimilikinya. Oleh sebab itu, agar dapat memenuhi semua kebutuhan masyarakat, Pegadaian menyediakan produk pinjaman sebagai berikut.

1. Gadai Emas Angsuran

Cara pinjam uang di Pegadaian dapat dilakukan dengan menjaminkan perhiasan emas untuk digadai. Kalau Anda memiliki emas maka jenis gadai emas angsuran mungkin cocok untuk dipilih. Jenis emas yang dapat digadaikan bisa berupa emas batangan maupun perhiasan.

Besarnya pinjaman gadai emas ini mulai dari Rp1 juta hingga Rp250 juta dengan tenor 6-36 bulan. Nasabah bisa mengajukan pinjaman hingga 95% dari nilai gadai dengan bunga atau sewa modal sebesar 1,25% setiap bulan.

Peminjam dari produk gadai emas angsuran ini akan dikenai biaya administrasi yang sangat terjangkau yaitu Rp10.000 – Rp200.000 saja.

Caranya, datang ke kantor Pegadaian dengan membawa emas yang akan digadai, lalu isi formulirnya.

2. Pinjaman Usaha

Pegadaian juga menyediakan pinjaman yang khusus ditujukan kepada pelaku usaha UMKM. Untuk mengajukan pinjaman usaha dari Pegadaian, agunan yang diperlukan yaitu surat kendaraan alias BPKB.

Kredit pinjaman usaha Pegadaian diberikan kepada pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usahanya tapi terkendala dengan modal. Pinjaman jenis ini memiliki tenor mulai dari 12-48 bulan dengan besar pinjaman minimal Rp1.000.000 dengan proses kredit maksimal 3 hari kerja.

Keunggulan produk pinjaman usaha yaitu bisa dilunasi kapan saja, tanpa harus menunggu jangka waktunya berakhir. Syarat peminjaman adalah nasabah sudah memiliki usaha setidaknya setahun terakhir dan telah berusia minimal 15 tahun.

Cara pinjam uang di Pegadaian untuk modal usaha sangat mudah, tinggal datang saja ke Pegadaian dengan membawa  :

  • KTP
  • KK
  • BPKB kendaraan
  • Bukti pendirian usaha
  • Isi formulir pinjaman usaha

Nasabah bisa memilih jenis pinjaman usaha Ultra Mikro, Fleksi ataupun Express Loan.

3. Pinjaman Serbaguna

Bagaimana kalau tidak memiliki usaha UMKM tapi ingin meminjam uang di Pegadaian? Tidak perlu kuatir, karena jenis pinjaman uang di Pegadaian ada yang sifatnya serbaguna. Jadi, tenang saja, kalau tidak mempunyai usaha tetap bisa mengambil layanan Pinjaman Serbaguna Pegadaian.

Siapa saja yang dapat mengajukan pinjaman serbaguna di Pegadaian? Siapa saja dan dari kalangan mana saja dapat melakukan pinjaman serbaguna. Pinjaman jenis ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan, produktif maupun konsumtif.

Kelebihan pinjaman serbaguna yaitu bunga rendah dengan jumlah angsuran tetap setiap bulannya dan pelunasannya bisa dilakukan kapan saja. Adapun syarat untuk mengajukan pinjaman serbaguna yaitu :

  • Memiliki jaminan berupa BPKB kendaraan
  • Surat keterangan kerja atau izin praktik
  • Isi formulir dan sertakan fotokopi KTP, KK dan berkas lain yang dibutuhkan.

Pinjaman serbaguna dapat digunakan oleh karyawan ataupun perorangan dari sektor formal dan non formal.

4. Gadai Efek

Selain emas, jaminan untuk meminjam uang di Pegadaian dapat berupa efek. Jaminan yang dapat digadai untuk mendapatkan pinjaman jenis ini yaitu berupa obligasi ataupun saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pinjaman gadai efek memiliki jangka waktu maksimal 90 hari dan bisa diajukan secara online melalui Pegadaian Digital. Besarnya pinjaman mulai dari Rp5.000.000 – Rp20.000.000 dan dijamin keamannya oleh OJK.

Jangka waktu 90 hari tersebut dapat diperpanjang lagi dengan ketentuan dan kebijakan yang diberikan oleh Pegadaian. Apa saja syarat untuk mengajukan Gadai Efek di Pegadaian? Syarat-syarat mengajukan gadai efek yaitu :

  • Efek untuk dijaminkan
  • KTP, NPWP dan SID
  • Isi formulir pengajuan.

Satu syarat yang harus diperhatikan yaitu pengajuan Gadai Efek harus dilakukan di Kantor Pegadaian Pusat yang berada di Jalan Kramat Raya nomor 162, Jakarta Pusat.

Gadai Efek juga bisa diajukan oleh perusahaan atau instansi, dengan persyaratan seperti di atas dan ditambah dengan akta pendirian perusahaan, perubahan terakhir AD/ART dan laporan keuangan.

5. Gadai Non Emas dan Kendaraan

Bagaimana jika tidak memiliki emas dan ingin mendapatkan pinjaman uang dari Pegadaian. Cara pinjam uang di Pegadaian untuk mereka yang tidak mempunyai emas sebagai jaminannya, dapat menggunakan kendaraan bermotor ataupun barang-barang lainnya yang memiliki harga tertentu.

Gadai non emas ini menerima jaminan berupa barang-barang elektronik, HP, laptop dan lainnya. Sedangkan untuk pinjaman gadai kendaraan, seperti namaya, jenis barang agunan yang dipakai yaitu kendaraan bermotor roda dua ataupun empat.

Gadai non emas dan kendaraan memiliki beberapa keunggulan yang tentunya sangat menguntungkan bagi nasabah. Salah satu keunggulannya adalah dapat diajukan secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital, jadi tidak perlu datang ke kantornya.

Jumlah pinjaman gadai non emas mulai dari Rp50.000 – Rp500.000.000 dan akan langsung ditransfer ke rekening nasabah dalam bentuk tunai. Sedangkan waktu pelunasannya dapat dilakukan sewaktu-waktu oleh nasabah.

Cara mengajukan pinjaman gadai non emas Pegadaian yaitu :

  1. Datang ke kantor Pegadaian atau buka aplikasi Pegadaian Digital.
  2. Membawa KTP, BPKB sebagai jaminannya.
  3. Isi formulir pengajuan kredit.

Bunga yang dibebankan kepada nasabah untuk jenis gadai non emas ataupun kendaraan yaitu sekitar 1-2% setiap 15 hari atau setengah bulan. Bunga yang rendah juga didukung dengan murahnya biaya administrasi, yaitu hanya Rp2.000 hingga Rp125.000 saja.

Nasabah juga tidak perlu kuatir dengan barang-barang yang digadaikan atau dijadikan sebagai jaminan. Pegadaian telah mengasuransikan semua barang yang digadai tersebut, sehingga keamanannya terjamin.

Penutup

Secara umum, cara pinjam uang di Pegadaian sangat mudah, yaitu datangi kantor Pegadaian ataupun dapat dilakukan online melalui Pegadaian Digital. Siapkan dokumen berupa KTP, KK, BPKB, NPWP dan sebagainya, serta bawa barang yang hendak dijadikan jaminan.

Ada beberapa jenis produk pinjaman uang di Pegadaian yang dapat dipilih sesuai kebutuhan nasabah dan jenis barang yang akan digadaikan. Semua jenis pinjaman bunganya rendah dan biayanya murah.

Baca Juga: