Doa Minta Kesembuhan Sakit untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

oleh
Doa Minta Kesembuhan Sakit untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Domainjava.com – Membaca doa minta kesembuhan dari sakit bisa menjadi salah satu cara dalam memohon pertolongan dari Allah SWT. Adapun doa ini bukan hanya diperuntukan untuk diri sendiri, melainkan juga orang lain.

Jatuh sakit merupakan salah satu ujian bagi makhluk hidup. Siapa saja bisa mengalaminya, tidak hanya manusia. Bahkan sakit juga tidak memandang bulu. Tidak peduli apakah dia muda, tua, perempuan, atau laki-laki, semua orang bisa jatuh sakit.

Penyakitnya pun bisa beragam. Ada yang sifatnya ringan, tetapi ada juga yang berat. Selain itu, ada penyakit yang bisa disembuhkan, ada juga yang belum berhasil ditemukan penawarnya.

Saat seseorang jatuh sakit, tentu dia akan berharap diberikan kesembuhan. Biasanya salah satu hal yang dilakukan adalah dengan berkonsultasi pada dokter dan meminum obat. Tetapi ketika penyakitnya tidak kunjung berakhir, maka kaum muslimin dianjurkan untuk tidak berputus asa. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya.” (HR. Muslim).

Selain berupaya untuk mencari jalan keluar, kamu bisa memohon pertolongan pada Allah SWT agar bisa diberikan kesembuhan dari segala penyakit dengan mengamalkan doa minta kesembuhan dari sakit. Mau tahu apa saja doa minta kesembuhan? Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa dibaca setiap hari.

Kumpulan Doa Minta Kesembuhan

Doa Nabi Idris Latin Dan Artinya

Ada banyak doa minta kesembuhan yang bisa diamalkan kaum muslimin. Bahkan, tersedia pula doa memohon kesembuhan untuk diri sendiri ataupun orang lain. Berikut isi doanya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Doa untuk Diri Sendiri

Saat jatuh sakit, kamu bisa membaca doa minta kesembuhan untuk diri sendiri. Membaca doa memang menjadi salah satu upaya dalam mendapatkan keringanan hingga kesembuhan setelah berikhtiar. Sebab, manusia dianjurkan untuk tidak berputus asa ketika mendapatkan suatu ujian seperti penyakit. Berikut ini doa yang bisa kamu panjatkan saat jatuh sakit.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illā anta syifaa’an lā yughaadiru saqaman.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkan lah penyakit ini, sembuhkan lah, hanya Engkau lah yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.”

Selain itu, kamu juga bisa membaca doa di bawah ini jika masih belum merasa cukup. Adapun doa minta kesembuhan ini tertera di dalam Al Quran Surat Al-Anbiya ayat 83 yang berbunyi:

رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ الرّٰحِمِينَ

Robbahuuu annii massaniyadh-dhurru wa angta ar-hamur-roohimiin

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua yang penyayang.”

Rasulullah SAW juga mengajarkan sebuah doa untuk memohon kesembuhan ketika merasa sakit. Beliau membaca doa ini sambil memegang bagian yang sakit.

بِسْمِ اللَّهِ

Bismillāh, (dibaca 3 kali).

Artinya, “Dengan nama Allah.”

أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru, (dibaca 7 kali).

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan,”

Bacaan Doa Minta Kesembuhan untuk Orang Lain

Pasangan

Selain untuk diri sendiri, bacaan doa minta kesembuhan juga ada yang ditujukan untuk orang lain, seperti pasangan. Sama seperti sebelumnya, doa ini juga memohon agar penyakit yang diderita bisa segera diangkat. Berikut ini isi doa minta kesembuhan untuk pasangan selengkapnya.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan.

Artinya: “Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad. Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad.”

Perlu jadi perhatian, kata Sa’dan di dalam doa ini bisa kamu ganti dengan nama pasangan yang sedang jatuh sakit. Namun doa ini tidak terbatas hanya untuk pasangan, melainkan juga kerabat atau keluarga lainnya.

Selain doa di atas, terdapat bacaan doa lain dalam minta kesembuhan untuk pasangan yang sedang sakit. Berikut ini doanya.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya: “Wahai (sebut nama pacar yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

Orangtua

Melihat orangtua sakit tentu menyakitkan bagi banyak orang. Tidak sedikit orang yang berharap agar penyakit tersebut bisa segera terangkat dan tubuh dapat kembali prima seperti sedia kala. Simak lantunan doa yang bisa dilafalkan untuk meminta kesembuhan bagi orangtua.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a Illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama

Artinya: “Ya Allah, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Teman

Saat menjenguk teman yang sakit, kamu bisa membaca doa minta kesembuhan untuknya. Tidak perlu khawatir, bacaan doa ini sudah lengkap dengan tulisan Arab, latin, hingga terjemahan dalam bahasa Indonesia. Jadi kamu bisa mengerti makna di dalamnya.

أَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arsyi yang megah agar menyembuhkanmu.”

Bacaan Doa Minta Sembuh yang Diajarkan Nabi Ayyub

Doa Untuk Orang Sakit Dengan Menyebut Namanya

Masih ingat kisah Nabi Ayyub AS yang diberikan ujian sakit kulit bertahun-tahun hingga ditinggalkan sanak saudaranya? Dalam Al Quran diceritakan bahwa Nabi Ayyub tidak pernah mengeluh dengan musibah yang datang padanya. Sebaliknya, dia justru terus berdoa agar penyakitnya bisa segera disembuhkan.

Dengan penuh kesabaran, doanya yang dilafalkan bertahun-tahun itu pun akhirnya terkabul. Penyakit kulit yang sudah membuatnya dijauhi oleh banyak orang termasuk keluarga diangkat oleh Allah SWT. Adapun doanya sebagai berikut:

رَبِّ أَنِّى مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ

Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.

Artinya: “(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.” (QS. An-Anbiya:83).

Doa Minta Sembuh yang Diajarkan Rasulullah SAW

Rasulullah juga mengajarkan doa memohon agar penyakit bisa diangkat. Doa ini pernah dibaca Rasulullah saat keluarganya jatuh sakit.

Allāhumma rabbana nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,” (HR. Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA)

Bacaan Doa Minta Ampunan dan Perlindungan saat Sakit

Ketika sakit, membaca doa minta ampunan dan perlindungan bisa dilakukan agar bisa mendapatkan kesembuhan. Sebab, bisa saja tertundanya suatu doa karena kita masih memiliki banyak dosa. Berikut ini doa selengkapnya.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

Doa Menjenguk Orang Sakit

Kamu juga bisa meminta kesembuhan untuk orang lain saat menjenguk orang sakit. Bahkan Rasulullah juga menganjurkan doa ini untuk dibaca di hadapan orang tersebut sebagai 7 kali. Berikut isi doanya.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhimi an yassfiyaka.

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.”

Itulah kumpulan doa minta kesembuhan dari segala penyakit yang bisa kamu lafalkan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Semoga bisa segera mendapatkan kesembuhan!

Baca Juga: