Doa Setelah Sholat Hajat Agar Cepat Dikabulkan & Tata Cara

oleh

Domainjava.com – Siapa saja ingin keinginannya dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa. Banyak orang yang melakukan sholat hajat supaya bisa mencurahkan segala keinginannya dengan khusyuk. Namun, sudahkah tahu bagaimana tata cara, doa setelah sholat hajat dan berbagai keutamaan sholat sunnah ini?

Pada dasarnya, sholat hajat hanya dilakukan ketika seorang muslim mempunyai sesuatu yang ingin dicapai dalam hidup maupun akhirat. Harapannya keinginan tersebut cepat terkabul dengan menunaikan sholat ini. Namun menunaikan sholat dan membaca doa saja tidak cukup.

Seorang muslim harus ikhtiar dengan berusaha mencapai keinginannya semaksimal mungkin. Kemudian berserah dirilah hanya kepada Allah SWT sembari bertawakal. Ingin tahu cara lengkap menjalankan sholat hajat? Simak panduannya di bawah ini!

Pengertian Sholat Hajat

Pengertian-Sholat-Hajat

Begitu banyak sholat sunnah dan keutamaannya, jika ingin hajat dikabulkan maka bisa melakukan sholat hajat. Sholat ini adalah sholat sunnah yang dikerjakan selama 1 minggu berturut-turut. Jumlah rakaat dimulai dari 2 sampai 12 rakaat.

Allah SWT menyukai orang yang merendahkan diri, maka berserah dirilah kepada-Nya saat menjalankan sholat hajat. Apalagi, orang yang merendahkan diri termasuk ke dalam golongan orang yang sholatnya diterima.

Selain itu, sangat dianjurkan menjalankan sholat sunnah ini pada sepertiga malam, yakni sekitar pukul 1 dini hari sampai memasuki waktu subuh. Sholat hajat tidak diperkenankan untuk dilakukan pada waktu-waktu yang diharamkan.

Niat Sholat Hajat

Sebelum membaca doa setelah sholat hajat agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT, seorang muslim harus mempunyai niat yang mantap dan tulus. Terdapat perbedaan pendapat tentang bacaan niat sholat hajat. Beberapa orang mengatakan bahwa niat tidak perlu diucapkan, karena asalnya dari hati.

Sedangkan Jumhur Ulama mengatakan bahwa niat membantu membenarkan niat dalam hati dan hukumnya pun sunnah. Namun terlepas dari itu, kembali lagi pada kepercayaan masing-masing dan berikut adalah niat sholat hajat.

Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillahi ta’aalaa

Artinya: Aku berniat sholat hajat sunah hajat dua raka’at karena Allah Ta’ala

Tata Cara Sholat Hajat

Tata-Cara-Sholat-Hajat

Mengikuti tata cara sholat hajat yang benar membantu menutupi kekurangan selama melaksanakan sholat sunnah ini. Pastikan juga diri sudah suci dari hadas dan tempat ibadah juga bersih. Bagi yang baru pertama kali menjalankan sholat hajat, ikuti tata cara yang mudah di bawah ini:

  • Baca niat sholat hajat dalam hati.
  • Lakukan takhbiraatul ikhram (mengangkat tangan sampai bawah telinga sembari mengucapkan takbir).
  • Membaca doa iftitah sampai selesai.
  • Mengucapkan surat Al-Fatihah.
  • Membaca satu surat pendek atau panjang dari al-Qur’an. Namun disarankan membaca surat al-Kafiruun sebanyak 3 kali di rakaat pertama.
  • Lakukan ruku’ seperti biasa.
  • Lalu, bangun dan lakukan i’tidal.
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara 2 sujud dengan kaki terlipat ke belakang.
  • Kemudian, sujud
  • Setelah itu, bangun untuk melakukan rakaat ke dua dengan urutan seperti di atas. Untuk surat yang dibaca adalah al-Fatihah dan al-Ikhlas sebanyak 3 kali.
  • Apabila sudah melakukan sujud kedua, bangun dan duduk tahiyat akhir.
  • Salam ke kanan dan kiri.

Setelah sholat selesai, jangan segera bangun dari duduk. Buat posisi yang nyaman lalu baca doa sholat hajat dan sampaikan keinginan Anda sembari berserah diri kepada Allah SWT.

Waktu Sholat Hajat yang Mustajab

Waktu-Sholat-Hajat-yang-Mustajab

Asalkan sholat hajat dilakukan di luar jam-jam terlarang untuk sholat, maka hukumnya sah-sah saja. Sholat hajat bisa dilakukan saat pagi, siang atau malam hari. Namun jangan dilakukan pada waktu ashar, waktu setelah subuh sampai matahari terbit atau waktu-waktu terlarang lainnya.

Sholat hajat sendiri merupakan sholat yang dilakukan pada waktu tertentu saja, yaitu ketika seseorang ingin hajatnya cepat dikabulkan. Sama seperti sholat istikharah yang dilakukan saat seseorang dihadapkan dengan beberapa pilihan supaya mendapatkan pilihan terbaik.

Kendati tidak ada waktu khusus sholat hajat, waktu yang paling Mustajab adalah saat sepertiga atau seperdua akhir malam.

Doa Setelah Sholat Hajat Agar Keinginan Terkabul

Doa-Setelah-Sholat-Hajat-Agar-Keinginan-Terkabul

Tidak semua hajat yang diinginkan belum tentu baik untuk diri sendiri. Oleh karena itu, meminta kepada Allah SWT dapat membantu mendapatkan hajat yang terbaik untuk kehidupan dunia maupun akhirat. Setelah sholat hajat seseorang dianjurkan untuk membaca doa-doa berikut:

1. Melantunkan Surat al-Fatihah

Surat ini mempunyai banyak keutamaan. Dengan membaca surat ini, maka seseorang sedang bertawassul mengirimkan doa kepada rasulullah beserta keluarga dan seluruh umat muslim yang ada di dunia ini.

2. Membaca Surat dari al-Qur’an

Bacaan doa kemudian dilanjutkan dengan melantunkan surat-surat dari al-Qur’an, di antaranya surat an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlas. Baca setiap surat sebanyak 3 kali.

3. Mengucapkan Doa Sholat Hajat

Lanjutkan bacaan surat-surat dengan doa sholat hajat yang dapat dilihat di bawah ini:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil’arsyil-‘adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin. As’aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa’ima magfiratika wal -‘ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada’ lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

Artinya: “Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.”

4. Mencurahkan Hajat yang Mau Dicapai

Setelah itu, curahkan hajat yang mau dicapai di dalam doa kepada Allah SWT. Hajat yang bisa disampaikan boleh hajat kepentingan duniawi maupun akhirat. Tak apa menyampaikannya dalam bahasa Indonesia dan dengan makna semampu diri sendiri, karena Allah Maha Mengetahui.

Keutamaan Sholat Hajat

Keutamaan-Sholat-Hajat

Jika sering melakukan sholat hajat, maka terdapat sejumlah keutamaan yang bisa didapatkan oleh para muslim. Apa saja keutamaannya? Silakan lihat pada daftar di bawah ini:

1. Dikabulkannya Hajat

Di dalam doa setelah sholat hajat, seseorang bisa menyampaikan keinginan yang didambakannya supaya cepat terkabul. Dengan melakukan sholat hajat secara rutin sambil diiringi dengan kerja keras yang maksimal, Allah SWT dapat mengabulkan hajat tersebut.

Setiap orang pasti mempunyai hajat yang berkaitan dengan dunia atau akhirat, sehingga apa saja boleh disampaikan kepada Allah SWT dengan catatan hajat tersebut untuk diri sendiri dan bukan untuk menyakiti orang lain.

Contoh hajat yang bisa dicurahkan kepada Allah SWT di antaranya minta dipertemukan dengan jodoh, mendapatkan prestasi cemerlang, dipromosikan jabatan, diangkat penyakitnya dan lulus sekolah.

2. Dicintai dan disayangi Allah SWT

Selain itu, Allah SWT juga menyayangi makhluknya yang menunaikan sholat sunnah ini. Karena tandanya orang tersebut sedang berserah diri dan Allah SWT menyukai orang-orang yang berserah diri. Allah SWT akan memudahkan orang-orang yang dicintainya.

3. Dimasukkan ke dalam Surga

Seperti diketahui, hidup di dunia ini hanyalah sementara. Tidak ada gunanya jabatan yang tinggi and harta yang berlimpah di akhirat. Sebaik-baiknya tempat kembali tentu surga yang dirahmati Allah SWT.

Dengan memperbanyak amalan sholat hajat, seseorang bisa meraih rida Allah SWT supaya dimasukkan ke dalam surga. Namun jangan hanya lakukan sholat sunnah ini saja, sholat wajib 5 waktu pun juga harus dikerjakan.

4. Dihapuskannya Dosa

Seorang muslim yang tak pernah berhenti meminta pengampunan niscaya akan diberikan yang terbaik oleh Allah SWT. Dengan mengerjakan amalan ibadah yang diperintahkan, seorang muslim dapat dianugerahkan dengan limpahan kasih sayang dan ampunan dosa dari Allah SWT.

5. Mendapatkan Derajat yang Mulia

Allah SWT juga akan menaikkan derajat hamba-Nya tertentu. Perbanyaklah sholat wajib, sholat sunnah dan amalan kebajikan lainnya supaya mendapatkan posisi yang mulia disisi-Nya.

Melakukan tata cara sholat hajat dan doa setelah sholat hajat merupakan upaya berserah diri setelah berusaha semaksimal mungkin menggapai hajat tersebut. Namun ingatlah bahwa hajat yang baik adalah hajat yang bisa mengarahkan pada kebaikan dunia dan akhirat.

Baca Juga: