Harga Huawei P20 Terbaru 2024 Review dan Kelebihannya

oleh
Harga Huawei P20 Terbaru 2023 Review dan Kelebihannya

Huawei P20 sudah rilis beberapa tahun yang lalu, tepatnya 06 April 2018. Sekarang, masihkah HP ini layak untuk dibeli? Well, seperti HP Huawei pada umumnya, HP ini telah dibekali dengan aneka fitur dan spesifikasi yang bagus, terutama di kameranya.

Di pasar global, HP ini dibanderol dengan harga 6 jutaan, harga yang cukup layak jika melihat fitur dan spesifikasi yang dibawanya. Mungkin ada merek HP lain yang lebih baik dengan harga yang sama, namun bagi penggemar HP Huawei, itu bukanlah masalah besar.

Ulasan Spesifikasi Huawei P20

Review-Huawei-P20-

Di artikel ini, kami akan membahas Huawei P20 dari berbagai sisi, mulai dari desain, layar, performa, kamera sampai daya tahannya. Diharapkan, informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu atau siapa pun yang ingin mencari HP Huawei kelas menengah ke atas.

1. Desain

HP ini sudah mendukung berbagai teknologi jaringan, mulai dari 2G, 3G dan 4G, sayangnya 5G belum termasuk. Ada dua pilihan warna yang tersedia, yaitu hitam dan emas, bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Huawei memiliki dimensi 149,1 x 70.8 x 7.7 mm, terasa sangat tipis dan langsing, sehingga terlihat mewah dan tidak susah untuk digenggam. Begitu pula dengan beratnya, yang hanya 165 gram, membuat HP ini mudah dibawa ke mana-mana, tidak memberatkan penggunanya.

Bagian belakang Huawei P20 terbuat dari material yang kokoh dan berkualitas. Di bagian belakangnya ada dua modul kamera yang disusun vertikal di sebelah kiri serta LED Flash. Bagian tepinya menggunakan bahan atau material yang tidak kalah bagus, yakni aluminium.

Adapun, bagian depan HP ini terbuat dari kaca yang sangat kokoh, yang bisa melindungi HP dari benturan dan goresan. Bagian depan menggunakan teknologi waterdrop, namun agak luas, yang berisi kamera depan dan flash.

Huawei P20 mendukung Singel SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by). Kesimpulannya, desain dan bodi dari HP ini sangat menarik, pastinya terlihat tipis, elegan dan mewah, bisa membuat pengguna merasa bangga dengannya.

2. Layar

Beralih ke bagian layar, Huawei P20 memiliki layar 5.8 inci yang cukup luas, meski kurang memuaskan. Layarnya menggunakan tipe OLED, dengan rasio layar ke bodi HP mencapai 80,4%. Luas layar dan teknologi yang digunakan mungkin lebih buruk daripada merek HP lain dengan harga yang sama.

Kabar baiknya, resolusi layarnya sudah cukup bagus, tepatnya 1080 x 2240 piksel, dengan kerapatan 429 ppi (pixel per inch). Dengan resolusi seperti ini, layar HP bisa menampilkan konten dengan sangat baik, pastinya cerah, tajam dan jernih.

Soal proteksi, layar HP ini telah dilindungi oleh kaca berkualitas, sangat kokoh untuk menghindarkan HP dari goresan dan benturan. Konon, kaca ini bisa melindungi HP dengan baik, meski jatuh dari ketinggian tertentu, misalnya saja 1 meter.

Lalu, bagaimana performa layar Huawei P20 untuk bermain game? Sudah cukup baik, terlebih layarnya memiliki refresh rate hingga 90Hz. Artinya adalah, bahwa refresh rate tersebut memastikan semua pergerakan dan animasi, khususnya saat bermain game, bisa berjalan dengan smooth bebas dari lag.

Overall, layar HP ini sudah bagus, sesuai harga yang dibebankan kepadanya. Selain resolusinya yang sudah Full HD+, refresh rate juga tinggi (90Hz). Jika ada yang kurang, mungkin luas layarnya saja yang hanya 5,8  inci, kalah jauh dibandingkan dengan HP dengan harga yang sama atau lebih murah.

3. Performa

Sekarang kita akan membahas performa dari HP ini, apakah sesuai dengan harapan? Sebelumnya, HP ini hadir menggunakan OS Android 8,1 (Oreo), yang bisa ditingkatkan ke Android 9 dengan EMUI 9.1. Sekarang sudah ada Android 13, jadi mungkin ini terasa kuno dan ketinggalan zaman bagi beberapa orang.

HP ini ditenagai oleh chipset buatan Huawei sendiri, yakni Kirin 970 (10 nm). Kurang lebih, chipset ini sama  dengan Qualcomm Snapdragon 835, bahkan bisa mengunggulinya dalam beberapa tes. Pastinya, chipset ini bisa memberikan tenaga yang besar untuk Huawei P20.

Kemudian ada CPU dengan delapan konfigurasi, dengan rincian 4×2.4 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53. Adapun urusan grafis diserahkan kepada Mali-G72 MP12, bisa memastikan kualitas grafis yang memukau untuk berbagai aktivitas.

Berikutnya, untuk mendukung kinerja mesin saat gaming atau multitasking, sudah tersedia beberapa varian RAM dan ROM. Ada kombinasi 6/64GB, 6/128GB, 8/128GB, 6/256GB dan 8/256GB, bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, dengan harga yang berbeda pula.

Well, dengan spesifikasi seperti di atas, banyak yang bisa diharapkan dari Huawei P20. Pastinya, jangankan untuk urusan multitasking dan hal remeh lainnya, HP ini pun bisa melahap hampir semua game berat di Android dengan smooth.

Misalnya saja, kamu bisa memainkan PUBG Mobile, COD Mobile sampai Genshin Impact. Mungkin, beberapa game tidak bisa unlock grafis ekstrem, namun tetap bisa menggunakan setelan grafis yang lebih tinggi daripada HP lainnya.

4. Kamera

Huawei P20 menggunakan dua konfigurasi kamera belakang, yaitu 12MP (wide) dan 20MP B/W (wide). Ada fitur keren seperti Leica optics, LED Flash, panorama, DHR, Laser AF, OIS, PDAF dan lain sebagainya.

Lensa Leica bisa menghasilkan foto dengan detail yang tinggi, tidak peduli intensitas cahaya yang tersedia. Selain itu, kameranya juga bisa menghasilkan video dalam kualitas yang berbeda-beda, seperti 4K di 30fps, 1080p di 60fps, 1080p di 30fps dan 720p di 960fps.

Beralih ke kamera depan, HP ini memiliki satu kamera dengan resolusi 24MP (wide), dengan bukaan f/2.0. Ini juga merupakan lensa Leica, bisa dipastikan foto terlihat detail dan berkualitas tinggi. Begitu pula dengan hasil rekaman, yang berkualitas 1080p di 30fps.

Dengan spesifikasi di atas, kamera HP ini sangat mumpuni untuk fotografi, kamu bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Begitu juga dengan videografi, di mana kamu bisa merekam video yang berkualitas, tidak akan pecah jika diunggah ke sosial media.

5. Baterai

HP ini masih menggunakan baterai Li-Po kapasitas 3.400 mAh (non-removable). Ada fitur fast charging 22.5W, yang katanya bisa isi sampai 58% dalam waktu 30 menit. Jadi, tidak perlu menunggu lama untuk isi ulang baterai HP sampai penuh.

Namun, untuk HP kekinian, baterai 4.000 mAh sangat lah kurang, karena sudah banyak HP dengan baterai yang lebih besar di harga yang sama. Beruntungnya, ada fitur fast charging, jadi HP tidak akan nganggur dalam waktu lama.

Huawei P20 Harga Terbaru 2024

Huawei-P20-Harga-Terbaru-2024

VarianHarga
6/128GBRp5.388.000

Kelebihan dan Kekurangan Huawei P20

1. Kelebihan

  • Bodi terbuat dari material yang kokoh (kaca dan logam).
  • Chipset Kirin 970 yang gahar.
  • Lensa Leica terbaik.

2. Kekurangan

  • Baterai masih 3.400
  • Fitur fast charging yang masih lambat.
  • Layar hanya 5.8 inci.

Huawei P20 adalah opsi yang tepat untuk kamu yang sedang mencari HP Huawei dengan harga menengah. Dilihat dari berbagai sektor, HP ini sudah mumpuni, terutama chipset dan kameranya yang istimewa.

Baca Juga: