Kenapa Jaringan Tri Gangguan Tak Bisa Internetan, Ini Penyebabnya

Kenapa Jaringan Tri Gangguan – Saat ini pengguna 3 mengeluh karena terjadi gangguan pada sinyal internet. Tidak bisa buka browser, chat wa, line, facebook, maupun twitter. Nah bagi kalian yang hari ini juga megalami kendala di kartu tri? Silahkan simak penyebab nya.

Banyak pertanyaan Kapan Jaringan Tri Kembali Normal? Ini Penjelasan Tri Indonesia Kenapa Jaringan 3 Bermasalah Hari Ini 28 Juni. Simak berita berikut ya sahabat. Pastikan selalu mengikuti berita terupdate kami rekomendasi dari google. Apa gerangan yang menyebabkan gangguan pada jaringan Tri? Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pihak Tri ihwal gangguan pada jaringan mereka.

Hari ini Kenapa jaringan Tri hilang padahal kuota internet masih full, simak berikut ini penyebab sinyal Tri alami gangguan dan cara mengatasinya.

Pada hari ini banyak pengguna jaringan telekomunikasi Tri yang dibuat penasaran dan tak kuasa menahan keluh kesahnya lantaran jaringan internet Tri tidak bisa digunakan.

Padalah mereka meyakini bahwa kuota tri internet masih tersedia dan kondisi cuaca juga cukup baik.

“@triindonesia selamat pagi kak. Kak kartu tri saya itu tidak ada sinyal dan silang sudah 2 hari kira-kira kenapa ya kak?,” tulis akun Twitter @ennurul_.

Kenapa Jaringan Tri Hilang Padahal Kuota Masih Full, Cek Penyebab Sinyal Tri Hilang dan Cara Mengatasinya

Tanggal 28 Juni 2022, kapan jaringan Tri kembali normal hari ini? Simak penjelasan dari Tri Indonesia berikut.

Diketahui bahwa hari ini pengguna Tri banyak yang mengeluhkan tentang jaringan Tri yang bermasalah. 

Banyak pengguna Tri yang menuangkan keluhan tersebut di media sosial, sehingga hastag “Tri Manteb Banget” sampai trending di Twitter pada Selasa 28 Juni 2022 pagi hari.

Baca Juga: UPDATE: Penjelasan Tri Indonesia Kenapa Jaringan 3 Hilang Hari Ini, Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diketahui jaringan Tri mengalami gangguan bahkan sinyal menghilang sejak dini hari. Hingga sekitar pukul 10.00 WIB, masih banyak pengguna Tri yang mengeluhkan hal tersebut.

Kenapa Jaringan Tri Tiba-Tiba Gangguan dan Menghilang?

Mendapat banyak keluhan, Tri Indonesia kemudian meminta maaf dan menjelaskan alasan jaringan yang hilang.

“Pagi kak, maaf ya kak atas pengalamannya menggunakan sinyal Tri. Namun jangan Khawatir, bisa coba restart HP, nyalakan lalu matikan mode pesawat, agar bisa normal kembali. Jika responnya masih sama, infoin ke aku ya kak,” tulis akun Twitter @triindonesia.

Lantas, kapan jaringan Tri kembali normal hari ini? Kapan jaringan Tri kembali bisa digunakan?

Simak tanggapan dari Tri Indonesia berikut atas banyaknya pertanyaan mengenai kenapa sinyal Tri hilang hari ini.  

Menanggapi berbagai keluhan tersebut, pihak Tri Indonesia menjawab melalui Twitter  @triindonesia dan @3careindonesia.

Kemudian, akun tersebut menjelaskan bahwa sedang ada pemeliharaan jaringan yang dilakukan provider terserbut.

“Pagi kak Nurul. Maaf ya atas kesulitan menggunakan layanan jaringan Tri yang dialami, dikarenakan saat ini sedang dilakukan pemeliharaan jaringan kami dan sedang dalam proses perbaikan,” tulisnya.

Baca Juga  Cara Mempercepat Internet Indosat dengan Setting APN di Android & iOS

“Diharapkan kakak dapat menggunakan layanan kembali secepatnya ya. Sehat selalu ^Ane,” tulis akun Tri Indonesia.

Penyebab Tri Gangguan Tidak Bisa internetan

Berikut beberapa penyebab sinyal Tri hilang dan jaringan internet tidak bisa digunakan.

Penyebab sinyal kartu Tri hilang bisa karena pengaruh cuaca yang buruk, kartu SIM CARD Anda yang bermasalah sehingga jaringan internet Anda bermasalah.

Atau adanya perbaikan sistem yang secara otomatis akan memutus sinyal di HP. Untuk diketahui perbaikan sistem jaringan internet kartu Tri biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama, setelah perbaikan selesai sinyal Tri dan jaringan internet kartu seluler akan kembali normal.

Sebelumnya pastikan Anda tidak berada di wilayah yang sedang di luar jangkauan akses internet seperti di gunung atau di tempat lain yang tidak terjangkau akses internet.

Sambil menunggu sinyal Tri dan jaringan internet Tri kembali normal seperti sebelumnya. Cobalah cara berikut ini agar Anda tidak penasaran.  

Bagi Kamu yang sebagai pengguna atau pelanggan kartu 3, apabila Kamu menemukan masalah seperti jaringan 3G dan signal nya full, namun tidak dapat melakukan akses internet meskipun sudah melakukan setting apn. Tolong diperhatikan pada logo jaringan yang ada di smartphone Kamu, kalau tulisannya hanya 3G dan ketika browsing tidak berubah juga, berarti pokok dari permasalahannya hanya yaitu habis kuota internet atau jaringan internet kartu 3 didaerah Kamu sedang mengalami kerusakan.

Jika kuota Kamu habis, terlebih dahulu, cek kuota kartu 3 Kamu. Kalau emang benar habis, jangan khawatir karena masih ada kode voucher kuota tri gratis untuk menambah paket internet.

Faktor Kenapa Jaringan Tri Gangguan

Jaringan tri mengalami lemot padahal sudah 4G? Hal ini sudah biasa terjadi dan disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

Baca Juga  Kode Voucher Indosat Gratis Yang Masih Aktif Unlimited 30 Hari, Ini Caranya

1. Iklim Cuaca Buruk

Cuaca buruk merupakan faktor yang sudah umum, kenapa jaringan tri bermasalah? Hal ini dapat menyebabkan beberapa koneksi layanan internet terganggu dan hampir semua provider mungkin mengalaminya, tidak lain itu Telkomsel, Indosat, Tri, Axis, bahkan Smartfren. Keadaan gangguan inidimana kemungkinan tower mengalami frekuensi untuk menyebarkan signal menjadi terhambat.

2. IP Addres

Faktor kedua ialah IP Addres yang memungkin koneksi internet jaringan tri yang Kamu miliki mengalami lelet. IP Address adalah alamat identifikasi pada hp, laptop ataupun komputer untuk terhubung pada jaringan internet.

Nah, bisa jadi IP Addres yang diberikan oleh provider Tri kepadamu sudah banyak digunakan oleh pengguna yang lain yang menyebabkan koneksi internet tri lemot. Maka untuk mengatasi jaringan yang lemot karena hal ini, sebaiknya Kamu mengaktifkan mode pesawat terlebih dahulu selama beberapa detik dan menonaktifkannya kembali.

Cara Mengatasi Internet Kartu 3 Tak Bisa Internetan

Cara Mengatasi Sinyal Internet 3 Lemot

Sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi koneksi internet lemot, salah satunya adalah tata letak geografis tempat tinggal. Karena biasanya kecepatan koneksi internet di desa akan cenderung berbeda dengan yang ada di kota.

Hal ini disebabkan penyebaran sinyal operator 4G yang belum merata, karena biasanya provider tidak selalu menempatkan tower pemancar di semua tempat. Sehingga di beberapa daerah plosok susah mendapatkan sinyal 4G Tri karena tidak terjangkau.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jaringan internet 3 yang bermasalah sebagai berikut:

Daftar Isi

1. Aktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat biasa saya gunakan untuk mengatasi masalah ini. Dalam artian saya gunakan untuk melakukan reconnect jaringan, sehingga jaringan internet kartu 3 akan memulai ulang dengan IP baru.

Selain itu cara ini bukan hanya saya lakukan saat menggunakan provide ini saja, tapi di semua layanan. Intinya ketika koneksi internet mulai lambat atau tidak merespon, saya langsung mengaktifkan mode pesawat.

Baca Juga  Kenapa Jaringan Smartfren Hilang, Penyebab & Cara Mengatasinya

Setelah Mode Pesawat diaktifkan, maka secara otomatis jaringan intenet akan terputus dan kemudian tinggal kamu non-aktifkan kembali mode tersebut. Biasanya jaringan internet akan kembali normal.

2. Ganti APN (Akses Poin Name)

APN pada setiap provider memiliki fungsi sama yaitu mengatur koneksi internet seperti IP address dan proxy. Nah jadi kamu bisa menyesuaikan-nya agar mendapatkan koneksi yang lebih cepat & stabil.

APN yang disediakan layanan seluler 3 secara defauld adalah 3gprs. Sedangkan ketika kamu menggunakan APN tersebut dan dirasa kurang bagus, maka bisa diganti dengan APN tercepat Tri yang lainya.

Berikut APN 3 tercepat yang biasa saya gunakan untuk mengatasi jaringan internet yang lemot, kamu juga bisa mencobanya di beberapa operator lain supaya lebih bagus dan stabil ketika dipakai untuk bermain game online, download & upload.

NamaInternet
APNInternet
PortKosongkan
ProxyKosongkan
Username3data
Password3data

3. Setting Mode Jaringan

Jika mengalami jaringan 3 lemot, alangkah baiknya pada pengaturan koneksi internet kartu tersebut kamu rubah ke mode otomatis. Sehingga secara otomatis sinyal internet akan menyesuaikan tempat dimana kamu berada agar intenet lebih stabil.

Untuk cara setting mode jaringan di ponsel android juga terbilang cukup mudah, karena sebenarnya sudah ada beberapa opsi jaringan yang disediakan seperti seperti 2G. 3G, 4G hingga LTE/3G/2G (sambungan otomatis). Berikut langkah-langkah cara konfigurasi nya:

  1. Langkah pertama silahkan buka menu “Pengaturan yang ada di HP.
  2. Kemudian, masuk ke “Koneksi” dan pilih”Jaringan Seluler“.
  3. Selanjutnya, pilih “Jenis Jaringan SIM” yang kamu gunakan untuk internet.
  4. Setelah itu silahkan atur jenis jaringan menjadi LTE/3G/2G (Sambungan Otomatis).
Baca Juga  Pilihan Paket TM Simpati Siang Malam, Ini Cara Daftar & Aktivasinya

4. Mengatur Ulang DNS

Trik selanjutnya adalah dengan mengatur ulang setelan DNS pada smartphone. DNS atau Domain Name System merupakan sistem penamaan yang mengubah IP address menjadi Domain address, misalnya 8.8.8.8 menjadi www.google.com.

Karena tidak semua DNS memiliki kestabilan dan kecepatan yang sama. Maka tidak ada salahnya jika mengganti DNS ke pengaturan awala di HP dengan DNS gratis seperti Cloudflare, Open DNS, dan lain sebagainya.

5. Restart Smartphone

Cara mengatasi internet kartu 3 lemot selanjutnya adalah dengan reboot ulang HP. Sebab kadang setelah mempraktekan beberapa metode diatas untuk mengatasi internet tri yang lemot Hanphone memerlukan restart.

Hal ini dimaksudkan agar HP melakukan refresh ulang pada saat restart dan memberikan efek setelah mengaplikasikan penggantian APN atau DNS tahap sebelumnya. Setidaknya dengan melakukan booting ulang, sinyal internet kartu Tri akan normal.

6. Gunakan Malam Hari

Kecepatan internet pada malam hari akan lebih cepat ketimbang saat jam-jam sibuk. Hal ini memang benar, sebab saat malam hari orang yang menggunakan koneksi internet lebih sedikit.

Sehingga traffic internet menjadi longgar, karena semakin banyak penggunanya maka kecapatan akan cenderung menurun.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi jaringan internet 3 gangguan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimaksih dan sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya.