Spesifikasi Oppo A17 Review Indonesia dan Harga Terbarunya

oleh
Spesifikasi Oppo A17 Review Indonesia dan Harga Terbarunya

Banyak yang meremehkan HP OPPO, khususnya di kelas entry-level. Padahal, OPPO selalu memiliki produk yang unik dan bersaing di setiap kelasnya, misalnya saja OPPO A17. Ponsel ini bisa dipertimbangkan, khususnya jika kamu sedang mencari HP OPPO berkualitas dengan harga terjangkau.

Sebelum membeli HP baru, seperti OPPO A17, penting untuk tahu spesifikasi dan fitur darinya. Dengan memahami fitur dan spesifikasinya, kamu bisa tahu dengan jelas  kemampuan dari ponsel tersebut, entah untuk gaming, streaming, browsing atau aktivitas lainnya.

Review Spesifikasi HP OPPO A17 2023

Review-HP-OPPO-A17-2023

Membeli sebuah HP memang harus disesuaikan dengan bujet yang tersedia. OPPO sendiri memiliki andalan produk di setiap lini. Jadi calon pengguna bisa mendapatkan HP OPPO sesuai dengan bujet yang mereka miliki.

OPPO A17 sendiri adalah smartphone entry-level dari OPPO, dengan harga dua jutaan saja. Meski harganya murah, namun kualitas yang diberikannya tidak murahan. Bagi kamu yang tertarik untuk beli smartphone ini, disarankan untuk membaca ulasannya di bawah ini.

1. Desain

Berbeda dari smartphone di kelasnya yang biasa memainkan warna gradasi, tidak dengan OPPO A17. Alih-alih menggunakan warna gradasi, smartphone ini menggunakan cover belakang dengan desain kulit, yang terasa premium ketika dilihat dan disentuh.

Karena desain kulit tersebut, bagian cover belakang dari ponsel ini tidak terasa licin, jadi tetap nyaman digenggam dengan satu tangan. Selain itu, debu dan noda sidik jari pun tidak akan mudah menempel, membuat perangkat selalu terlihat bersih mengkilap.

Di bagian belakang, ada dua lingkaran besar yang simetris, disusun secara vertikal. Lingkaran atas menyimpan kamera utama, sedangkan lingkaran bawah sebagai tempat untuk kamera depth dan LED Flash.

Seperti tren yang digunakan kebanyakan smartphone sekarang ini, OPPO A17 juga menggunakan frame pinggir yang datar. Ponsel ini memiliki bobot 189 gram, dengan ketebalan 8,3mm, membuat ponsel terasa nyaman dan ringan, saat digenggam dengan satu tangan.

Lalu, di samping kanan ada tombol power dan volume, serta sensor fingerprint yang cepat. Kemudian di sisi kiri ada SIM Tray (dual SIM dan microSD). Di bagian bawah sendiri ada port USB, Jack Audio 3,5mm dan lubang speaker.

OPPO A17 juga sudah dibekali dengan sertifikasi IPX4, membuatnya tahan terhadap cipratan air. Secara keseluruhan, desain dari ponsel ini cukup bagus, ya sesuai lah dengan harga yang dibanderolnya, khas ponsel Android harga dua jutaan.

2. Layar

Beralih ke bagian layar, ponsel ini menggunakan teknologi LCD, yang memiliki resolusi HD+, yakni 1612 x 720 piksel. Mungkin terkesan seadanya, khususnya jika dibandingkan dengan merek lain dengan harga yang sama, namun ponsel ini tetap mampu menampilkan konten dengan baik.

Tingkat kecerahan yang bisa ditampilkan ponsel ini juga lumayan, bisa sampai 480-600 nits ketika berada di bawah terik matahari. Adapun, ketika berada di luar ruangan, kamu bisa menyetel tingkat kecerahan dari 10-50%, dan konten masih akan terlihat jelas.

Ponsel dengan layar 6,56 inci ini memiliki rasio 89,9%, membuat ukuran layar terlihat semakin luas. Terlebih, bezel OPPO A17 ini diperkecil, akibat penggunaan poni berbentuk waterdrop untuk kamera depan.

Pengalaman pribadi penulis, layar ponsel ini bisa merespons jari dengan baik, jadi proses navigasi dan pemilihan menu berjalan dengan lancar. Namun, ada kendala ketika membuka aplikasi, di mana ada jeda, tepatnya saat loading sebelum masuk ke beranda utama.

3. Performa

Sekarang kita beralih ke performa OPPO A17, yang telah dibekali dengan MediaTek Helio G35 Octa-core (12nm) sebagai chipset-nya. Ada pula dukungan RAM 4GB dan ROM64GB, memastikan aktivitas multitasking dan lainnya berjalan lancar.

Apalagi, RAM 4GB tersebut bisa diperluas kembali dengan RAM Virtual sampai 4GB. Total, kamu bisa mendapatkan RAM maksimal sampai 8GB, sangat memadai sebagai ponsel yang digunakan sehari-hari, entah untuk game, bekerja, menonton film dan lain sebagainya.

Kamu bisa memainkan beberapa game populer di ponsel ini, misalnya saja Call of Duty Mobile. Sayangnya, karena chipset-nya hanya Helio G35, kamu hanya bisa menyetel grafis dan frame rate rendah agar bisa memainkan game ini dengan lancar.

Kemudian, ketika kamu memainkan game MOBA seperti Mobile Legends, bisa mengatur grafis dan frame rate tinggi, di kisaran 50 hingga 60 fps. Kontrol virtual pun bisa terasa responsif, meski kadang ada lag jika ada terlalu banyak karakter atau detail di area pertandingan.

Terakhir, ponsel ini mendapatkan skor AnTuTu 112.710, dan 164 untuk single-core dan 932 untuk multi-core di Geekbench. Well, mengingat chipset-nya yang biasa saja, memang harus dimaklumi, karena OPPO A17 memang bukan HP untuk memainkan geme di setelan grafis dan frame rate terbaik.

4. Daya Tahan

Kabar baiknya, HP ini dibekali dengan baterai dengan kapasitas yang besar, yaitu 5.000 mAh. Ketika dites dalam keadaan baterai 100% dan kecerahan layar 50%, ponsel ini bisa bertahan cukup lama, yaitu 14 jam 55 menit.

Saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti media sosial, chat, streaming dan semacamnya, ponsel ini memiliki screen on time sampai 7 jam 25 menit. Baterai pun akan menyusut dari 100% ke 17%. Mungkin akan lebih cepat habis jika digunakan untuk bermain game nonstop.

Beruntungnya, sudah ada teknologi fast charging, bisa isi ulang baterai dengan lebih cepat. Untuk mengecas dari 17% ke 100%, kamu butuh waktu sekitar 108 menit, atau 2 jam 48 menit. masih terasa lama memang, namun ini yang akan kamu dapatkan dengan uang dua jutaan saja.

5. Kamera

Ada dua kamera belakang di OPPO A17, kamera utama resolusi 50MP dan kamera depth resolusi 2MP. Kamera utama memiliki fitur 4-in1 Pixel Binning, membuat kamera utamanya bisa menghasilkan foto 12,MP, karena bisa menyatukan 4 piksel kecil menjadi 1 piksel besar yang bisa menyarap banyak cahaya.

Sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide, jadi harus menggunakan mode panorama untuk menghasilkan foto dengan sudut pandang luas. Kemudian ada fitur Night Mode, untuk menghasilkan foto di malam hari yang lebih tajam dan jernih.

Beralih ke foto depan, ada kamera resolusi 5MP, lumayan untuk menghasilkan selfie, dengan syarat kondisi cahaya mencukupi. Kamera utama dari ponsel ini sudah cukup baik, namun tidak dengan kamera depannya, yang masih butuh banyak peningkatan.

Harga HP OPPO A17 Terbaru 2023

Harga-HP-OPPO-A17-Terbaru-2023

VarianHarga
4/64GBRp2.099.000

Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A17

  1. Kelebihan
  • Baterai jumbo kapasitas 5.000 mAh.
  • Kamera utama bisa menghasilkan foto yang bagus.
  • Desain cover belakang tidak licin.
  • Sertifikasi IPX4 (anti cipratan air).
  1. Kekurangan
  • Chipset biasa saja.
  • Tidak ada kamera utlrawide.
  • Kamera depan burik.
  • Masih microUSB.
  • Fitur fast charging yang lambat.
  • Tidak memiliki stereo speaker.
  • Refresh rate layar hanya 60Hz.

OPPO A17 adalah handphone yang berkualitas untuk entry-level. Game ini lancar buat apa saja, namun tidak untuk bermain game. Kamu memang bisa bermain game dengan ponsel ini, namun di setelan grafis yang rendah.

Baca Juga: