Spesifikasi Xiaomi Poco F4 (Review) dan Harganya di Indonesia

oleh
Spesifikasi Xiaomi Poco F4 (Review) dan Harganya di Indonesia

Beberapa waktu lalu, Xiaomi telah merilis kembali smartphone kelas menengah yang berasal dari lini Poco. Tak berbeda jauh dengan versi pendahulunya, Poco F4 mengusung banyak perubahan yang lebih lengkap.

Salah satu fitur andalannya adalah Optical Image Stabilization atau OIS yang didukung EIS pada kamera. Hal ini membuat proses dalam pengambilan gambar maupun video yang dilakukan bisa menjadi lebih stabil.

Fitur stabilisasi tersebut masih cukup jarang dijumpai pada smartphone kelas premium yang lainnya. Upaya Xiaomi untuk membawa smartphone ini di pasaran dengan harga terjangkau tentu patut untuk diapresiasi.

Review Lengkap Poco F4 di Indonesia

Review-Lengkap-Poco-F4-di-Indonesia

Poco F4 merupakan salah satu seri F dari lini Poco yang menjadi andalan Xiaomi. Smartphone ini ditujukan khusus untuk pengguna dengan budget terbatas tetapi ingin memiliki perangkat dengan performa mumpuni.

1. Desain

Soal body, seri F terbaru ini dibuat berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya. Jika seri F3 atau sebelumnya melengkung atau bulat, F4 memiliki body yang didesain secara khusus dalam bentuk kotak.

Apalagi desain body pada bagian belakang sangat menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Pasalnya, dalam body tersebut nampak ada beberapa aksen sehingga terlihat begitu kokoh.

Bukan sekedar cetakan biasa, aksen tersebut memberikan tampilan glossy dari material berbahan matte. Aksen tersebut terdiri dalam beberapa bagian, yaitu garis lurus vertikal di bagian tengah, lekukan yang ada di sisi kanan dan kiri smartphone.

Minusnya mungkin karena bodynya sangat licin jika digenggam dengan tangan. Apalagi memiliki body yang lumayan berat karena mencapai hingga 210 gram. Variasi warnanya lumayan banyak yaitu Night Silver, Stealth Black, dan Cyber Yellow.

2. Tampilan Layar

Layar dari perangkat ini mempunyai dimensi ukuran 6,67 inci sehingga cukup nyaman. Ukuran layar tersebut menggunakan resolusi full HD Plus (2400 x 1080) dengan jenis panel AMOLED.

Sedangkan untuk refresh rate, smartphone ini memiliki 120 Hz dengan touch sampling rate hingga 360 Hz. Layarnya menggunakan teknologi Dolby Vision dengan tingkat kecerahan mencapai 1300 nits. Kombinasi tersebut akan membuatnya sangat nyaman jika digunakan untuk melihat beragam konten.

Untuk menjaga layar smartphone dari adanya goresan, terdapat Corning Gorilla Glass 5. Sehingga pengguna sudah tak perlu lagi memasang pelindung layar atau screen guard.

3. Kamera

Menuju kamera, Poco F4 sudah dilengkapi 3 buah kamera belakang dengan resolusi beragam. Terdapat kamera resolusi 64 MP yang memiliki diafragma f/1.79 dengan fitur OIS.

Kamera kedua mengusung lensa ultrawide 8 MP diafragma f/2.2, dan terakhir lensa makro 2 MP yang memiliki bukaan diafragma f/2.4.

Secara teknis, untuk kualitas kamera terkait fotografi dijamin tak akan mengecewakan. Fitur otomatis yang ada pada kamera belakang mampu menghasilkan foto dengan komposisi pencahayaan dan warna seimbang.

Dalam kondisi yang tertentu seperti kurang pencahayaan, kamera tersebut masih akan mengoptimalkan outputnya. Hasil jepretan baik untuk foto indoor ataupun outdoor akan sangat memuaskan.

Sementara itu, kamera tambahan di bagian depan memiliki resolusi 20 MP dengan diafragma f/2.45. Kamera utama biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang suka selfie ataupun video call.

4. Dapur Pacu

Kehadiran lini Poco ini sudah mengusung chipset Snapdragon 870 yang diproduksi oleh Qualcomm. Chipset tersebut diproses sedemikian rupa dengan arsitektur 7 nm sehingga kinerja mesin semakin maksimal.

Bahkan dikombinasikan dengan GPU Adreno 650 dan CPU Octa Core yang memiliki kecepatan 3,2 GHz. Performa yang ditawarkan sudah sangat memuaskan untuk smartphone di kelasnya.

Untuk menstabilkan kinerja SoC yang lumayan berat, perangkat yang satu ini dibekali dengan pendingin Liquid Cool Technology 2.0.

Tak heran jika berbagai aspek operasional yang dimulai dari pergerakan layar, transisi antar menu, operasi aplikasi maupun game akan berjalan lancar. Seri F ini sudah mengusung OS teranyar yaitu OS Android 12 dan MIUI 13 untuk Poco.

5. Memori Penyimpanan

Memori penyimpanan yang dipasangkan dalam Poco F4 terbagi dalam dua opsi, yakni 6/128 GB dan 8/256 GB. Namun masih belum banyak diketahui kalau MIUI 13 for Poco sangat boros terhadap pemakaian RAM.

Sehingga RAM yang disediakan masih kurang untuk menunjang pemakaian android dalam sehari-hari. Pastinya ruang penyimpanan smartphone yang semakin besar akan jauh lebih baik lagi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Poco menghadirkan memory extension. Memory ini mengambil kapasitas sebesar 2 sampai 3 GB yang berasal dari penyimpanan internal.

Tak heran jika ruang penyimpanan menjadi lebih lega dan mampu menampung banyak file. Bahkan juga multitasking untuk membuka banyak aplikasi sekaligus di saat yang bersamaan.

6. Kapasitas Baterai

Beralih ke daya tahan, smartphone ini memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 4.500 mAh. Smartphone ini mampu bertahan cukup lama baik itu untuk pemakaian kasual maupun basic harian.

Jenis baterai yang digunakan adalah Li-Po dengan tipe non-removable. Ini berarti bahwa baterainya terpasang permanen dan tidak bisa dilepas secara langsung.

Baterai yang cukup besar ini sudah di support dengan pengisian cepat atau fast charging hingga 67 W. Sesuai namanya, fitur tersebut memungkinkan proses pengisian daya bisa menjadi lebih cepat. Bahkan hanya memakan waktu sekitar 38 menit lamanya untuk ponsel terisi penuh.

7. Konektivitas

Mengusung chipset Snapdragon, dapat dipastikan kalau seri Poco ini support WiFi 6 menggunakan bluetooth 5.2. Sedangkan untuk jaringan yang digunakan merupakan tercepat di Indonesia, yaitu 5G.

Perangkat tersebut dapat terhubung dengan Galileo, BeiDou, GNSS, GLONASS, GPS, NavIC, GNSS, SBAS, dan OZSS. Semuanya berkolaborasi untuk menghasilkan pendeteksian lokasi secara lebih akurat.

8. Sensor Tambahan

Sedangkan untuk fitur tambahan, terdapat sensor fingerprint yang ada di sebelah sisi ponsel. Sensor ini berguna untuk memberikan tingkat keamanan ekstra pada sebuah smartphone.

Fingerprint juga bisa mempercepat proses pembukaan kunci yang sebelumnya membentuk pola atau angka yang memakan banyak waktu. Sensor lainnya yang tak ketinggalan adalah compass, proximity, gyro, dan accelerometer.

Harga Poco F4 Terbaru 2024

Harga-Poco-F4-Terbaru-2024

Sebagai ponsel mid-range yang ditujukan untuk kelas menengah, harganya sudah pasti cukup ramah. Meski begitu, smartphone ini didukung dengan spesifikasi dan fitur lengkap yang akan memudahkan para penggunanya.

Harganya sendiri bisa dibilang bervariasi karena ditentukan dari RAM yang akan dipilih. Anda bisa membelinya dengan mudah di toko resmi Poco ataupun marketplace seperti Lazada, Shoppe, Tokopedia, dan lainnya.

Inilah daftar harganya di pasaran Indonesia yang bisa dipilih sesuai keinginan:

MerkHarga
Poco F4 6/128 GBRp5.199.000
Poco F4 8/256 GBRp5.699.000

Catatan: Harga seri poco F ini bisa mengalami perbedaan di setiap kota atau wilayah di Indonesia. Namun harga tersebut merupakan harga umum sehingga tidak berbeda jauh dan bisa dijadikan sebagai patokan.

Kehadiran Poco F4 memang mengusung banyak pembaharuan jika dibandingkan seri sebelumnya. Seri ini lebih unggul dari segi desain, baterai, layar, kamera dan aspek penting lainnya. Sangat cocok untuk yang memiliki budget terbatas tapi menginginkan smartphone performa kencang.

Baca Juga: