Taman Wisata Bougenville: Lokasi, HTM, Fasilitas dan Daya Tarik

oleh
Taman Wisata Bougenville: Lokasi, HTM, Fasilitas dan Daya Tarik

Bandung memang tidak pernah berhenti menawarkan tempat wisata yang indah. Taman Wisata Bougenville merupakan salah satu dari jajaran objek wisata di Bandung yang wajib untuk Anda datangi saat liburan.

Tempat wisata yang satu ini tengah hits di kalangan masyarakat Bandung dan sekitarnya. Bahkan tidak sedikit juga wisatawan yang datang dari luar kota demi menikmati keindahan di Taman Bougenville ini. Penasaran seperti apa reviewnya?

Sekilas tentang Taman Wisata Bougenville

Sekilas-tentang-Pulau-Tidung

Sebelum membahas lebih jauh, mari berkenalan dulu dengan Taman Bougenville. Letak taman wisata ini berada di lereng Gunung Puntang, Bandung. Gunung Puntang sendiri kental akan nilai sejarah yang sudah diketahui oleh sebagian masyarakat setempat.

Berada di lereng gunung membuat Taman Bougenville ini memiliki udara yang sangat sejuk. Asrinya alam pegunungan juga sangat ditonjolkan oleh pihak pengelola. Meski memiliki nama “Bougenville”, faktanya taman wisata ini justru didominasi oleh pohon-pohon pinus.

Nuansanya juga begitu tenang sehingga sangat cocok untuk refreshing alias healing. Taman yang satu ini menyajikan paket wisata yang lengkap. Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam, berbagai wahana permainan, wisata kuliner, hingga menginap di villa atau camping.

Karena ada begitu banyak fasilitas dan aktivitas yang bisa dilakukan, tempat ini sangat recommended untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman-teman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat-dan-Rute-Menuju-Lokasi

Sempat disebutkan di atas bahwa taman wisata ini berada di lereng Gunung Puntang. Lebih tepatnya ada di Jalan Gunung Puntang, Cempaka Mulya, Kec. Cimaung, Kabupaten Bandung.

Untuk menjangkau Taman Bougenville, sangat disarankan untuk melalui Jalan Tol Purbaleunyi dan mengambil arah keluar Pasir Koja, lanjut ke Jalan Tol Soroja dan keluar setelah melewati Gerbang Tol Soreang.

Ambil arah kiri menuju ke Jalan Raya Gading Tutuka. Di pertigaan setelah Pasar Ikan Modern, ambil arah ke kiri menuju Jalan Raya Kamasan Banjaran. Setelah 3 km, belok kanan menuju Dangdeur dan lurus terus mengikuti Jalan Pahlawan.

Berikutnya, belok kanan menuju arah Kebon Kepala, lalu belok kiri ke Jalan Raya Pangalengan. Di simpang tiga pertama, ambil arah ke kanan sejauh 1,7 km kemudian ambil arah kiri untuk masuk ke Jalan CImenteng.

Ambil arah kiri lagi menuju Jalan Gunung Puntang. Kemudian ikuti jalan tersebut dan Anda akan melihat destinasi ada di sisi kanan jalan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Pihak pengelola Taman Wisata Bougenville menyediakan beberapa jenis tiket yang bisa dipilih pengunjung sesuai keinginan. Berikut ini adalah detail jenis tiket beserta harganya.

Jenis TiketHarga
Tiket masuk reguler atau umumRp35.000
Tiket masuk terusan 1Rp55.000
Tiket masuk terusan 2Rp75.000
Flying foxRp25.000
Children playgroundRp25.000
OutbondRp145.000 – Rp215.000
Sewa villaRp1.750.000 – Rp8.000.000

 

Apakah perbedaan antara jenis-jenis tiket yang disebutkan di atas? Setiap jenis tiket mencakup wahana atau fasilitas berbeda, lebih lengkapnya bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Tiket masuk reguler

Tiket yang dibanderol dengan harga Rp35.000. Dengan membeli tiket ini, Anda bisa menikmati taman, bermain di Sungai Cigeureuh, memanfaatkan gazebo yang ada, berenang di dua kolam renang, kolam air mancur, serta sungai.

2. Tiket terusan 1

Sudah termasuk semua fasilitas yang Anda dapatkan dengan membeli tiket reguler. Ditambah dengan akses ke playground atau flying fox. Tiket terusan ini dijual dengan harga Rp55.000.

3. Tiket terusan 2

Jika membeli tiket terusan 1, pengunjung harus memilih salah satu antara playground atau flying fox. Untuk menikmati dua wahana atau fasilitas tersebut sekaligus, Anda disarankan untuk membeli tiket terusan 2 dengan harga Rp75.000.

Berikut ini adalah jam operasional dari Taman Bougenville yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk datang ke lokasi secara langsung.

  • Senin – Jumat (weekdays): 08.00 – 16.00
  • Sabtu – Minggu (weekend) & hari libur nasional: 08.00 – 17.00
  • Check in villa: mulai 14.00
  • Check out villa: maksimal 10.00

Daya Tarik Taman Wisata Bougenville

Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Taman Bougenville.

1. Taman Bunga yang Indah

Taman wisata ini memiliki satu area taman yang penuh bunga. Pemandangan di taman ini sangat indah karena bunga warna-warni yang bermekaran.

Tidak hanya sampai di situ, di dekat taman juga terdapat danau buatan dengan air sangat jernih. Kalau suka berfoto-foto selfie, area ini sangat ideal untuk Anda jadikan sebagai background.

2. Pemandangan Alam yang Asri

Selain taman dengan bunga berwarna-warni, tempat wisata ini juga menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Hampir seluruh areanya dipenuhi oleh pohon pinus. Walhasil suasana menjadi sejuk, asri, dan rimbun.

Di tengah hutan pinus ini terdapat satu jembatan kayu beserta skywalk. Jembatan ini sebenarnya menghubungkan area villa atau penginapan dengan Sungai Cigeureuh. Area ini juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk berfoto.

3. Sungai Cigeureuh

Di dalam area Taman Wisata Bougenville terdapat sungai yang disebut dengan nama Cigeureuh. Pengunjung diizinkan untuk bermain di area sungai ini karena relatif aman.

Arus sungainya memang terbilang cukup deras karena berada di area pegunungan. Namun bebatuan berukuran besar di sepanjang sungai akan melindungi para pengunjung sehingga tidak terseret oleh arus.

4. Kolam Renang

Jika ingin bermain air tapi bukan di sungai, taman wisata ini juga menyediakan kolam renang. Kolam ini tidak begitu dalam sehingga cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. Ada juga seluncuran kecil yang landai khusus untuk anak-anak.

5. Outbound & Flying Fox

Wahana outbond di taman wisata ini merupakan fasilitas berbayar. Untuk menikmati fasilitasnya, Anda harus membayar lagi di luar tiket masuk. Wahana outbound ini bisa digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Jika Anda hanya ingin merasakan serunya meluncur dari ketinggian sambil menikmati pemandangan, flying fox adalah pilihan terbaik untuk dicoba. Anda bisa menikmati Wahana ini dengan membeli tiket terusan 1 atau 2.

6. Playground

Berikutnya ada playground yang dibuat khusus untuk anak-anak. Di sini ada begitu banyak permainan yang bisa dicoba. Contohnya perosotan, ayunan, trampolin, dan lain sebagainya.

Area playground ini hanya bisa diakses jika Anda membayar tiket tambahan. Bisa juga dengan membeli tiket terusan 1 atau tiket terusan 2.

7. Villa

Untuk merasakan pengalaman yang lebih maksimal di taman wisata ini, Anda bisa menginap di villa. Pengelola memang menyediakan penginapan berupa villa dengan fasilitas lengkap. Seperti yang sudah disebutkan di atas, harga sewa villa per malamnya mulai dari Rp1,7 hingga 8 jutaan.

8. Camping Ground

Kalau Anda ingin menginap tapi budget terbatas, terdapat pilihan lain yaitu camping. Taman wisata ini menyediakan camping ground atau camping area. Anda bisa mendirikan tenda di sini dan bermalam bersama dengan teman-teman atau keluarga.

Fasilitas yang Ada di Lokasi

Selain daya tarik wisata yang sudah dijelaskan secara lengkap di atas, Taman Wisata Bougenville juga memiliki fasilitas yang lengkap. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

  • Area parkir sangat luas
  • Toilet umum
  • Gazebo
  • Cafetaria
  • Camping area
  • Villa
  • Waterpark
  • Kamar mandi/bilas
  • Wahana outbound lengkap

Taman Wisata Bougenville sangat cocok untuk liburan bersama-sama dengan keluarga. Pasalnya, fasilitas yang tersedia sangat ramah untuk anak-anak hingga orang dewasa. Harga tiket masuknya juga masih terjangkau dan tidak terlalu mahal.

Baca Juga: