8 Tempat Wisata di Brebes Terbaru, Cocok untuk Healing

oleh
8 Tempat Wisata di Brebes Terbaru, Cocok untuk Healing

Brebes merupakan wilayah Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat, lebih tepatnya CIrebon. Liburan ke Kota Bawang ternyata menyenangkan karena ada banyak tempat wisata untuk dikunjungi. Mari simak rekomendasi tempat wisata di Brebes berikut ini.

Brebes sendiri menghadirkan objek wisata yang sangat lengkap. Ingin ke pantai? Ada. Ingin merasakan sejuknya udara di perbukitan? Tentu saja ada. Langsung saja simak penjelasan tentang tempat wisata yang terdapat di Brebes berikut ini.

Tempat Wisata di Brebes

Tempat-Wisata-di-Brebes

1. Agro Tourism Kaligua

Di urutan yang pertama ada Agro Tourism Kaligua yang menawarkan pemandangan hamparan perkebunan teh. Alamat lengkap kebun teh ini berada di Jalan Kaligua, Pandansari, Kec. Paguyangan, Brebes.

Dari pusat Kabupaten Brebes, jaraknya memang cukup jauh, yaitu 67 km ke arah selatan. Jika ditempuh dengan mobil, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi adalah 2 jam.

Perjalanan yang jauh akan dibayar tuntas dengan pemandangan hamparan kebun teh yang sejuk di perbukitan. Harga tiket masuk Agro Tourism Kaligua ini adalah Rp20.000 per orang, belum termasuk biaya parkir kendaran.

2. Waduk Penjalin

Masih dari Kecamatan Paguyangan, kali ini ada objek wisata bernama Waduk Penjalin. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Agro Tourism Kaligua yang sudah dibahas sebelumnya. Jadi, dua objek wisata tersebut bisa dikunjungi di satu hari yang sama.

Awalnya, waduk ini hanyalah lokasi bendungan air biasa, hingga kemudian dipugar dan diberi sentuhan ala wisata modern. Walhasil, Waduk Penjalin semakin terkenal di kalangan masyarakat Brebes, khususnya anak-anak muda.

Ada banyak spot foto Instagramable yang bisa dicoba di waduk ini. Harga tiket masuknya yang hanya Rp5.000 juga menjadi daya tarik tersendiri. Waduk Penjalin juga sering dijadikan sebagai lokasi berbagai acara seperti pentas seni, pentas musik, dan lain sebagainya.

3. Kalibaya Park

Ingin melihat pemandangan lanskap Kabupaten Brebes dari ketinggian? Ada satu lokasi yang recommended untuk melakukan hal ini, yaitu Kalibaya Park. Lokasinya ada di Sindangheula, Banjarharjo, Kabupaten Brebes.

Jaraknya sekitar 55 kilometer dari pusat Kabupaten Brebes. Jadi, waktu yang diperlukan untuk sampai ke lokasi ini adalah 1 jam 45 menit. Lokasinya ada di perbukitan Brebes sisi selatan barat.

Pengelola Kalibaya Park membangun gardu pandang yang bisa digunakan wisatawan untuk menikmati pemandangan. Tidak hanya itu, ada banyak juga wahana yang bisa dicoba, seperti rumah kayu, ATV, berkuda, outbond, dan sebagainya.

Untuk masuk ke Kalibaya Park, tiket yang harus dibayarkan hanya Rp5.000 untuk weekend dan hari libur lainnya. Sedangkan saat weekdays, harga tiketnya yaitu Rp3.000 saja. Kalibaya Park ini sangat recommended untuk liburan bersama-sama dengan keluarga, termasuk anak-anak.

4. Ranto Canyon

Ingin merasakan liburan yang seru di tengah keindahan alam Brebes? Ranto Canyon sangat recommended untuk Anda kunjungi. Di sini, wisatawan akan diajak untuk menyusuri aliran sungai sepanjang 700-an meter.

Tidak menggunakan perahu karet, wisatawan justru benar-benar diajak susur sungai dengan berjalan kaki. Sungainya tidak begitu dalam serta pengelola memberikan pelampung dan helm sehingga keamanan pengunjung pun terjamin.

Pemandangan semakin indah ketika sudah sampai di sungai yang diapit oleh tebing di sisi kanan dan kirinya. Untuk menikmati keseruan ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp30.000. HTM ini sudah termasuk dengan jasa pemandu, pelampung, serta helm.

Ranto Canyon sendiri terletak di Gunungtajem, Winduasri, Salem, Kabupaten Brebes. Jika Anda memulai perjalanan dari pusat Kabupaten Brebes, maka diperlukan waktu tempuh hampir 3 jam untuk sampai ke lokasi ini.

5. Curug Putri

Satu lagi wisata air alami yang wajib dikunjungi di Brebes adalah Curug Putri. Dibandingkan dengan Ranto Canyon, Curug Putri ini terletak tidak terlalu jauh dari pusat Kabupaten Brebes. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit untuk sampai ke Curug Putri.

Air terjun ini berada di Desa Mendala, Sirampong, Brebes. Wisatawan tidak hanya disuguhi dengan pemandangan air terjun yang indah serta airnya yang segar. Di sisi kanan dan kiri air terjun terdapat tebung batu alami yang sangat unik dan indah untuk dipandang.

Selain mengabadikan dalam bentuk foto, pengunjung juga dapat menikmati kesegaran air Curug Putri dengan berenang. Namun tidak disarankan untuk berenang tepat di bagian bawah air terjun karena cukup dalam.

6. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan berada di wilayah yang masih satu kawasan dengan Ranto Canyon. Namun keduanya menawarkan daya tarik berbeda. Seperti namanya, Panenjoan merupakan sebuah bukit yang letaknya ada di Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes.

Di sini, wisatawan bisa berfoto-foto ria karena tersedia begitu banyak spot yang didesain khusus untuk itu. Selain berfoto, pengunjung juga bisa menikmati indahnya matahari terbit. Pemandangannya tidak kalah dengan sunrise di puncak-puncak gunung.

Jika ingin menikmati sunrise di Bukit Panenjoan, Anda harus datang saat dini hari. Tiket masuknya sendiri sangat terjangkau. Untuk orang dewasa, tarifnya adalah Rp5.000, sementara untuk anak-anak hanya dikenakan HTM Rp3.000.

7. Pantai Randusanga

Pantai-Randusanga

Lebih suka menikmati liburan dengan mengunjungi pantai? Tenang, Brebes juga punya beberapa pantai yang wajib untuk Anda datangi. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Randusanga yang terletak di Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes.

Jika dari pusat Kabupaten Brebes, jaraknya kurang dari 10 kilometer, sehingga Anda hanya memerlukan perjalanan kurang dari 30 menit untuk sampai ke Pantai Randusanga. Harga tiket masuk pantai di Brebes ini cukup murah, yaitu Rp3.000 saja.

Karena terletak di pesisir utara Jawa, ombak di pantai ini relatif lebih tenang. Di pantai ini, Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan dan suasana pantai, tapi ada beberapa aktivitas menarik untuk dilakukan.

Beberapa contohnya adalah bermain bebek air atau outbond. Pantai ini juga terkenal dengan kuliner lautnya. Ada makanan yang wajib Anda coba ketika bertandang ke Randusanga adalah udang masak batu dan bandeng lumpur. Selain itu, ada juga menu seafood lain seperti kerang, cumi, serta ikan bakar.

8. Mangrove Pandansari

Masih dari tempat wisata di Brebes wilayah pesisir, kali ini ada Mangrove Pandansari. Lokasi ini menawarkan hamparan hutan mangrove seluas 200 hektar. Di sini, Anda bisa berfoto-foto karena ada beberapa spot yang sangat menarik untuk diabadikan.

Tidak hanya sampai di situ, wisatawan juga bisa menaiki perahu untuk menyusuri kawasan pesisir di sekitar hutan mangrove ini. Dari pusat Kabupaten Brebes, lokasi ini bisa dijangkau dengan perjalanan sekitar 30 menit.

Untuk harga tiket masuknya sendiri, anak-anak akan dikenakan harga Rp10.000. Sementara untuk orang dewasa, harga tiketnya adalah Rp20.000. Karena suasananya yang sejuk, serta ada perpustakaan, Mangrove Pandansari ini cocok untuk dikunjungi keluarga bersama dengan anak-anak.

Sekarang sudah tidak perlu bingung lagi jika sedang berada di Brebes. Tinggal pilih saja salah satu atau beberapa tempat wisata di Brebes ini untuk dikunjungi. Jangan lupa mampir membeli oleh-oleh Brebes seperti telur asin.

Baca Juga: