Wisata Batu Kuda di Lereng Manglayang, Ini HTM & Daya Tariknya

oleh
Wisata Batu Kuda di Lereng Manglayang, Ini HTM & Daya Tariknya

Jika Anda sedang berwisata di Kota Bandung yang cantik, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk melihat keindahan alam di wilayah Bandung Timur. Tepatnya di kawasan Wisata Batu Kuda yang ada di kawasan Lereng Gunung Manglayang.

Nama tempat wisata yang unik, yaitu Batu Kuda, tentu membuat cukup banyak orang yang penasaran dan akhirnya berkunjung ke tempat wisata ini. Namun, yang Anda temui akan berbeda jauh dengan nama tempat wisatanya.

Karena walaupun namanya adalah Batu Kuda, namun tempat wisata ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan hewan kuda. Jika Anda penasaran, Anda harus mengikuti pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Wisata Batu Kuda

Mengenal-Wisata-Batu-Kuda-

Seperti yang disebutkan, walaupun nama tempat wisatanya adalah Batu Kuda. Namun, tempat ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan kuda. Alih-alih peternakan atau tempat wisata yang berhubungan dengan hewan, kawasan ini merupakan area hutan pinus yang indah.

Tempatnya yang berada di ketinggian 1150 sampai dengan 1300 mdpl membuat tanahnya ideal untuk vegetasi pohon pinus. Dengan alam yang asri dan indah, sudah jelas Anda bisa mendapatkan nuansa alam yang indah dan alami di tempat wisata ini.

Hutan Pinus Batu Kuda berada dalam pengawasan Perhutani secara langsung, karena tidak hanya sekedar tempat wisata saja, hutan pinus di area ini juga bagian dari program konservasi dan cagar alam.

Dulu sebelum adanya program yang membuat hutan ini menjadi tempat wisata, Batu Kuda terkesan sebagai hutan biasa yang gelap dan rimbun. Namun, sekarang area wisatanya sudah tertata. Tentu saja, disesuaikan dengan ekosistem alami yang dimiliki oleh hutan.

Alamat dan Rute Menuju Batu Kuda

Alamat-dan-Rute-Menuju-Batu-Kuda-

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini, tidak ada pilihan lain kecuali menggunakan kendaraan pribadi. Karena, belum ada akses transportasi umum yang sampai dan cukup dekat dengan lokasi wisata ini. Anda bisa memilih menggunakan mobil atau motor.

Alamatnya ada di Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat 40625. Hal yang paling penting saat menuju ke lokasi ini adalah kendaraan Anda harus dalam kondisi baik dan kuat. Terutama, jika menghadapi jalanan Lereng Manglayang yang menanjak.

Bagi Anda yang berangkat dari Bundaran Cibiru, ada jalur alternatif yang bisa Anda ambil. Anda bisa menyetir melalui Cileunyi sampai masuk ke jalan percobaan yang satu arah. Pada akhir jalan tersebut, jalannya akan menanjak ke arah kiri menu Jalan Villa Bandung Indah.

Jika sudah sampai jalan ini, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menanjak sejauh 8 KM. Maka, Anda akan sampai di pintu gerbang tempat wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata Batu Kuda

Soal tiket masuk, Anda tidak perlu khawatir soal harga yang mahal. Karena harga tiket masuk Batu Kuda terbilang cukup terjangkau. Harganya mulai dari Rp10.000 per orang untuk hari biasa. Kemudian, untuk akhir Minggu atau hari libur hanyalah Rp12.000 saja per orangnya.

Selain tiket masuk, Anda harus membayar lagi untuk parkir kendaraan. Jika Anda membawa kendaraan motor, maka akan dikenakan tarif Rp2.000. Jika Anda membawa mobil maka akan dikenakan Rp5.000. Berbeda lagi jika Anda menggunakan bus, maka tarif akan disesuaikan dengan ukuran bus.

Fasilitas yang Ada di Wisata Batu Kuda

Untuk harga yang terjangkau, fasilitas yang diberikan oleh tempat wisata ini sudah cukup baik. Berikut adalah berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati.

  • Area hutan pinus yang asri dan indah.
  • Jalur trekking untuk berjalan di tengah area hutan pinus.
  • Toilet di area hutan pinus dekat gerbang.
  • Alternatif toilet yang berada di Platform Menara Pandang.
  • Menara Pandang untuk wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dari ketinggian.

Fasilitas yang disebutkan di atas mungkin terkesan kurang. Namun, mengingat harga yang terjangkau dan konsep alam tempat wisata ini. Fasilitas di atas terbilang sudah cukup memadai.

Daya Tarik Tempat Wisata Batu Kuda

Sebagai tempat wisata dengan fasilitas yang lengkap dan juga memiliki area yang terbilang luas. Tidak heran, jika ada banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan. Berikut adalah berbagai pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata satu ini.

1. Wisata Alam yang Indah

Bagi Anda yang gemar wisata alam dan mengisi liburan dengan menikmati keindahan alam. Sudah pasti, Batu Kuda menjadi pilihan tempat yang paling tepat. Karena tempat wisata ini merupakan area konservasi dengan kondisi alam yang sangat dilindungi.

Bisa dipastikan Anda akan menyaksikan pemandangan alam yang tidak hanya indah namun juga terjaga. Apalagi, jika Anda datang saat belum banyak orang yang berkunjung.

2. Foto Estetik di Alam Terbuka

Bagi Anda yang hobi mengambil foto estetik ketika liburan, Batu Kuda bisa menjadi pilihan tempat yang menarik. Dengan latar belakang hutan pinus yang cantik, dijamin membuat hasil foto menjadi semakin estetik.

Apalagi, ada banyak spot terbuka yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengambil foto. Mulai dari area terbuka di antara pohon pinus. Sampai foto di menara pandang, hasil foto dijamin keren untuk dipamerkan di sosial media Anda.

3. Piknik Bersama Keluarga di Alam Terbuka

Batu kuda menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang ingin piknik bersama keluarga di alam terbuka namun tetap aman. Karena ada banyak area di hutan pinus yang lapang dan terang walaupun berada di tengah hutan.

Pada spot-spot ini, Anda dan keluarga bisa menggelar karpet piknik atau mendirikan tenda sementara. Anda dan keluarga pun bisa menikmati pemandangan sambil memakan bekal. Jika tidak sempat membuat bekal, Anda bisa membeli makanan dari warung yang ada di sekitar tempat wisata dulu.

4. Jalur Hiking yang Mudah Namun Menyenangkan

Jalur yang ada di Batu Kuda ini mengarah langsung ke arah Gunung Manglayang. Jalurnya relatif mudah dan tidak ada tanjakan yang terlalu tinggi maupun area yang berbahaya. Bagi Anda yang mungkin masih pemula atau ingin menikmati pendakian yang tidak sulit.

Jalur hiking Batu Kuda bisa menjadi pilihan yang tepat. Selama perjalanan, Anda bisa melihat pemandangan yang indah dari hutan pinus yang ada di lereng. Belum lagi, jika Anda berhasil sampai di puncak Anda akan melihat pemandangan Kota Bandung Timur dari kejauhan yang sangat indah.

5. Tempat yang Ideal untuk Camping

Punya waktu untuk menginap di Batu Kuda? Maka, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mendirikan tenda dan camping di Batu Kuda. Pada tempat wisata ini, banyak ruang terbuka yang memang ditujukan sebagai campground.

Banyak organisasi di Bandung Timur juga yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi camping. Jadi, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari lokasi yang ideal untuk mendirikan tenda. Jika Anda memang punya hobi berkemah, Batu Kuda merupakan tempat wajib untuk dikunjungi.

Dari ulasan di atas, Wisata Batu Kuda bisa jadi pilihan tempat liburan yang tepat bagi Anda. Dengan berbagai pilihan aktivitas yang bisa dipilih. Penggemar wisata alam wajib singgah di tempat wisata ini.

Baca Juga: